Pemkab Lotim Resmikan Mall Pelayanan Publik

CEK : Pj Bupati, Kapolres dan Dandim saat mengecek berbagai fasilitas yang disiapkan di MPP.

SELONG – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dengan bangga meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) sebagai inisiatif untuk meningkatkan akses dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat, Senin (1/7).  MPP ini diharapkan menjadi pusat integrasi layanan publik yang menyediakan lebih dari 18 jenis layanan yang telah siap, dari total 25 model yang direncanakan.

Dinas DPMPTSP Lotim, Husnul Basri, MPP ini adalah langkah kongkret dalam mengefisiensi proses administrasi pemerintahan sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Konsep MPP juga mengintegrasikan berbagai layanan yang sebelumnya tersebar menjadi satu lokasi yang terpusat, memudahkan masyarakat dalam mengurus keperluan administratif mereka. “Tujuan dari pendirian MPP ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga untuk memberikan pelayanan yang efisien dan efektif kepada masyarakat,” ungkap Husnul.

Baca Juga :  Janjikan Bantuan, Nama Sekda Lotim Dicatut

Pj. Bupati Lotim HM Juaini Taofik menegaskan bahwa MPP akan menjadi pusat pelayanan yang mengutamakan kecepatan, ketepatan dan keterpusatan. “Masyarakat tidak perlu lagi berkunjung ke tempat yang berbeda untuk mengurus berbagai keperluan administrasi. Semuanya dapat terselesaikan di MPP ini,” ungkap Juaini.

Lebih lanjut, MPP Lotim juga menawarkan pelayanan eksternal seperti pembuatan SKCK, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, serta layanan dari instansi seperti Kejaksaan, Samsat, dan Kemenag. Hal ini merupakan upaya kongkret Pemkab Lotim dalam meningkatkan efektivitas dan kualitas pelayanan publik di daerah tersebut.

Selain sebagai pusat administrasi, MPP juga mempersembahkan gerai UMKM yang menyajikan berbagai produk unggulan lokal Lotim, mulai dari tenun Pringgasela hingga kerajinan tangan Desa Loyok. “Kami berharap MPP tidak hanya menjadi simbol komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tetapi juga sebagai wadah untuk mempromosikan produk-produk unggulan daerah,” katanya.

Baca Juga :  Pendukung Balon Demo Panitia Pilkades

Dalam konteks pembangunan, kehadiran MPP ini menjadi tonggak penting bagi Lotim, terutama dalam menunjukkan kemajuan administrasi publik yang berkelanjutan. Meskipun dihadapkan pada keterbatasan fiskal, Lotim berhasil mengubah beberapa gedung pemerintah menjadi fasilitas MPP yang modern dan representatif.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan MPP Lotim dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, tidak hanya dalam hal akses pelayanan publik yang mudah, tetapi juga dalam mempromosikan dan mempertahankan kearifan lokal serta produk unggulan daerah.(lie/adv)

Komentar Anda