Hari Terakhir PPDB, Sekolah Swasta Masih Sepi Pendaftar

sekolah swasta
DILEMA: Panitia PPDB SMKN Bina Bangsa Mataram terlihat dilema menunggu ketidakpastian jumlah pendaftar yang akan didapat. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 jenjang SMA/ SMK negeri dan swasta sudah mulai berakhir dan pengumuman kelulusan diterima sebagai calon siswa baru sudah digelar. Hanya saja, jika SMA dan SMK negeri dipastikan kebanjiran siswa, berbeda halnya dengan sekolah/madrasah swasta yang justru hingga sekarang ini masih sepi pendaftar.

Seperti yang dialami SMK Bina Bangsa Mataram hingga hari pengumuman kelulusan di SMK Negeri, hanya baru ada tiga calon siswa yang mendaftar. Hal serupa juga dialami SMA Hangtuah Mataram, yang hanya bergantung pada limpahan pendaftar tidak diterima di SMA atau SMK Negeri.

“Kalau kita di SMA dan SMK swasta tidak ada istilah kuota. Meski kita bilang kuota yang diterima 5 kelas, palingan yang daftar 1 sampai 2 kelas doang,” Kata Ketua Panitia PPDB SMK Bina Bangsa Mataram, Muhibbin Jumat (6/7).

Di sekolah negeri, baik di SMA maupun SMK sudah dipastikan kuotanya tetap terpenuhi. Karena semuanya sudah dijamin dengan pelimpahan antar sekolah yang satu dengan lainnya. Berbeda dengan sekolah swasta, baik SMA maupun SMK, semua harus rela menunggu pendaftaran usai di seluruh sekolah negeri. SMA dan SMK Negeri, Jum’at kemarin (6/7) merupakan hari terakhir pendaftaraan melalui jalur umum.