Jumlah Penderita HIV/AIDS di Kota Mataram Membengkak

ILustrasi HIV/AIDS
ILustrasi HIV/AIDS

MATARAM—Pengidap HIV/AIDS di Kota Mataram semakin bertambah dalam rentang waktu Januari sampai Juli 2018. Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Mataram bertambah 13 orang.

BACA JUGA: Kenali Gejala HIV Tahap Awal

‘’Jumlahnya pasti meningkat. Dari Januari sampai Juli ini jumlahnya 13 orang kalau tidak salah,’’ ujar Sekretaris I Komisi Perlindungan Anak (KPA) Kota Mataram, Margaretha Cephas, usai melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram, Rabu kemarin (25/7).

Baca Juga :  Gawat, Kasus HIV/AIDS di NTB Meningkat Tajam

Jumlah ini dipastikannya akan bertambah akhir tahun 2018 nanti. ‘’Kalau dia konstan seperti ini. Berarti sampai Desember nanti jumlah penderita bisa 26 atau 30 orang,’’ imbuhnya.

Mengenai pengaruh terbesar terjangkit penyakit HIV/AIDS di Kota Mataram disebutnya dengan beberapa penyebab. Penyebab utamanya adalah risiko berganti-ganti pasangan intim (heteroseksual) antara lelaki dengan perempuan. Kemudian juga termasuk antara pasangan sejenis (homoseksual).

Baca Juga :  Penderita HIV/AIDS di Lotim Cukup Tinggi

BACA JUGA: 42 Orang di Lombok Tengah Meninggal karena HIV/AIDS

Meski demikian, ia tidak merinci jumlah pengidap HIV/AIDS di Kota Mataram. Sedangkan dari segi usia, penderita HIV/AIDS di Kota Mataram mulai dari usia 15 sampai 19 tahun.

‘’Saya tidak hafal. Tapi kebanyakan laki-laki,’’ ungkapnya.

Komentar Anda