Polres Lombok Utara Peringati Hari Bhayangkara ke-78

HARI BHAYANGKARA: Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di halaman kantor bupati, Senin (1/7). (IST FOR RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Jajaran Polri di tanah air, memperingati hari Bhayangkara ke-78 pada 1 Juli 2024. Di Kabupaten Lombok Utara (KLU), puncak peringatan dipusatkan di halaman kantor bupati.

Kapolres KLU AKBP Didik Putra Kuncoro langsung bertindak selaku inspektur upacara. Bupati KLU Djohan Sjamsu dan Wakil Bupati KLU Danny Karter Febrianto hadir. Berikut Ketua DPRD KLU Artadi dan anggota. Kemudian para anggota Forkopimda, serta para tamu undangan lain.

Kapolres membacakan amanat Kapolda NTB, Irjen Pol Umar Faroq. Poinnya mengingatkan para anggota Polri agar tetap menjaga kepercayaan masyarakat.

“Setiap saat anggota Polri bersentuhan dengan masyarakat, melindungi masyarakat, mengayomi masyarakat, dan melayani masyarakat, tapi di saat yang sama Polri juga diawasi oleh masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Baca Juga :  Tabrak Satu Keluarga, Sopir Fuso Mengaku Tengah Mabuk

Untuk itu seberapa tinggi tingkat kepercayaan masyarakat menjadi hal penting. Saat ini tingkat kepercayaan masyarakat kepada Polri sudah naik dari 71,6 persen pada Desember 2023 menjadi di atas 75,3 persen pada Juni 2024.

“Ini perkembangan baik, tapi masih harus terus ditingkatkan. Polri harus terus memperbaiki diri, berbenah diri, melakukan reformasi-reformasi di segala lini,” ungkapnya.

Publik mengharapkan jajaran Polri bekerja dengan kejujuran, menegakkan hukum tanpa pandang bulu, serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Kemudian mengharapkan Polri meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Semua program pemerintah butuh dukungan Polri sehingga saya perlu tekankan kewenangan Polri itu besar, kekuatan Polri itu juga besar, ini harus digunakan secara benar, jangan ada yang disalahgunakan, jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas,” tegasnya.

Baca Juga :  Tiga Jabatan Strategis Dilelang

Masyarakat membutuhkan rasa aman, masyarakat membutuhkan rasa keadilan, masyarakat membutuhkan rasa untuk diayomi. “Saya minta Polri jangan abaikan ini. Polri harus mampu memberikan kepastian perlindungan, Polri harus mampu memberikan kepastian hukum, Polri harus mampu memberikan kepastian berusaha bagi para masyarakat dan para pengusaha,” pintanya.

Sementara itu Bupati mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-78. Ia mengaku kepolisian sudah berbuat banyak terhadap daerah ini sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan di tengah masyarakat. “Terima kasih kepada Kapolres dan jajaran yang telah menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat,” ucapnya. (der)

Komentar Anda