LOMBOK BERDUKA : Diguncang Gempa 6,4 Skala Richter

Belasan Meninggal, Ratusan Terluka, Ribuan Rumah Rusak

Gempa 6,4 Skala Richter Lombok
RUSAK: Ratusan rumah warga Kecamatan Sembalun rusak akibat gempa tektonik berkekuatan 6,4 SR. (ZULFAHMI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Alam kembali merajuk. Amarahnya tak terbendung. Manusia pun berduka. Gempa tektonik berkekuatan 6,4 skala richter (SR) mengguncang pulau Lombok sekitar pukul 06.47 Wita, Minggu (29/7).

Guncangan itu sekaligus menjadi duka mendalam bagi warga yang terdampak. Utamanya di Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Kecamatan Sembalun, Kecamatan Sambelia, Wanasaba, Pringgabaya, dan Aikmel Lombok Timur. Wilayah ini masuk dalam titik koordinat gempa 8,4 LS dan 116,5 BT. Tepatnya, berjarak 47 kilometer dengan kedalaman 24 kilometer arah timur laut Kota Mataram Provinsi NTB. Kekuatan gempa ini juga terasa di Pulau Sumbawa dan Bali.

BACA JUGA: Kepanikan Warga Lombok Diguncang Gempa 6,4 Skala Richter (Bagian 1)

Akibatnya, sebanyak 15 orang dinyatakan meninggal dunia, ratusan luka-luka dan ribuan rumah rusak. Data yang dihimpun Radar Lombok, warga yang meninggal dunia di Kabupaten Lombok Utara. Yaitu Janiarto, 8 tahun, asal Dusun Pademare Desa Sambik Elen, Rusdin, 34 tahun dari Desa Loloan, Natrinep, 11 tahun dari Desa Senaru Kecamatan Bayan. Kemudian Sandi, 20 tahun asal Sumbawa. 

Korban yang mengalami luka-luka tercatat 39 orang di Kecamatan Bayan. Rumah rusak berat 41 unit, rusak sedang 74 unit, dan rusak ringan 148 unit. Kerusakan juga terjadi pada sarana ibadah, yakni 2 unit masjid, 1 musala, dan 2 pura. Di Kecamatan Kayangan, 2 orang terluka, 44 unit rumah rusak, Kecamatan Gangga 2 orang terluka, Kecamatan Tanjung 1 orang luka, 32 rumah rusak, 7 tempat ibadah rusak. Kemudian Kecamatan Pemenang, 1 sekolah rusak, 31 rumah, dan 2 orang terluka. Sehingga korban di KLU berjumlah 4 orang meninggal dunia, 46 orang terluka, dan 363 bangunan rusak.

Gempa 6,4 Skala Richter Lombok
LUKA-LUKA: Belasan orang meninggal dunia dan ratusan luka-luka akibat gempa tektonik berkekuatan 6,4 SR, kemarin. . (ZULFAHMI/RADAR LOMBOK)

Dampak gempa ini lebih parah terjadi di Kabupaten Lombok Timur. Tercatat sebanyak 11 orang meninggal dunia, sebanyak 9 orang di Kecamatan Sambelia dan 2 orang di Kecamatan Sembalun. Ratusan korban juga ditemukan luka-luka dan banyak rumah rusak parah. 

Identitas warga yang meninggal dunia di Kecamatan Sambelia, yaitu Bambang, 60 tahun, warga Desa Sugian, Zahra 3 tahun dari Dusun Batusila Desa Darakunci, Sambelia, Adiatul Aini 27 tahun dari Desa Medain, Herniati 35 tahun Desa Medain, Firdaus 7 tahun dari Mentareng Desa Obel-Obel, Mapatul Akherah 7 tahun Desa Obel-Obel, Baiq Nila Wati 19 tahun Desa Madain, Herli 9 tahun Desa Madain, dan Fatmirani 27 tahun Desa Madain.

1
2
3
4
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut