Ditinggal ke Pasar, Rumah Ludes Terbakar

kebakaran
KEBAKARAN : Kebakaran terjadi di rumah warga Lingkungan Lelede Kelurahan Sapta Marga Kecamatan Cakranegara kemarin. (Dery Harjan/Radar Lombok)

MATARAM – Rumah Dewa Made Wijaya, warga  Lingkungan Lelede Kelurahan Sapta Marga Kecamatan Cakranegara ludes dilahap Si Jago Merah, Jumat (21/6) sekitar pukul 12.30 Wita. Akibatnya barang-barang berharga berupa mobil, barang dagangan dan barang-barang penting lainnya juga ikut terbakar. Beruntung api tidak merembet ke rumah warga lain, pun tak ada korban jiwa. Kerugian diperkirakan sampai ratusan  juta rupiah. ”Barang-barang dagangan saya saja hampir Rp 250 juta,” kata Wijaya memberi penjelasan.

Kebakaran terjadi ketika rumah ditinggal ke pasar untuk berjualan makanan dan minuman. “Saya sedang di pasar dan dikasi tau di rumah  ada orang ramai dan saya pulang ternyata rumah sudah hangus terbakar,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ditinggal Sembahyangan, Rumah Hangus Terbakar

Terkait apa penyebab kebakaran, ia mengaku sama sekali tidak mengetahuinya. Sebab tidak ada satupun orang yang berada di rumah pada saat kejadian. “ Saya tidak bisa jawab, takut salah. Nanti saya bilang karena listrik tetapi ternyata ada yang sengaja membakarnya kan jadi masalah. Soalnya sepi di rumah. Biarlah polisi menyelidikinya,” tegasnya.

Peristiwa kebakaran itu pertama kali dilihat oleh Dewa Putu Purnama Yoga, 13 tahun warga setempat yang kebetulan melintas. Sumber api menurutnya berasal dari bangunan rumah bagian belakang dan tiba-tiba menjalar ke seluruh bangunan. “Asal api berasal dari belakang. Awalnya apinya kecil tapi dengan cepat membesar,“ tuturnya.

Terkait apa yang ia lakukan ketika melihat api tersebut, Yoga mengatakan bahwa ia langsung berteriak memberitahu warga sekitar. “Begitu melihat api saya langsung berteriak lari kesana kemari memanggil orang-orang,” bebernya.

Warga pun langsung berdatangan dan mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya namun api terus membesar. Warga pun melaporkan kejadian tersebut ke polisi dan petugas pemadam kebakaran. Tidak lama setelah itu datang lima unit mobil pemadam kebaran dan 2 mobil water canon polisi.

BACA JUGA: BMKG : Waspadai Sesar Selatan

Kapolsek Cakranegara Kompol Muslih mengatakan, anggotanya bersama SPK Polres Mataram langsung diturunkan ke lokasi untuk membantu pemadaman dan mengamankan lokasi. Api akhirnya bisa dipadamkan sekitar 1,5 jam kemudian.

Terkait penyebab kebakaran dan kerugian material dari kejadin tersebut belum bisa diketahui. “Masih dalam penyelidikan jadi belum bisa kita ketahui,” katanya.(cr-der)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid