Bukan Tanah Keberuntungan Barca

LEPAS KUTUKAN: Barcelona menargetkan harus menang untuk menjungkalkan kutukan tak pernah menang di kandang Real Sociedad.

SAN SEBASTIAN – Anoeta, kandang Real Sociedad adalah teka-teki. Setidaknya dalam satu dekade terakhir. Barisan entrenador seperti S Jenius Josep Guardiola, Tito Vilanova, Gerardo 'Tata' Martino, sampai Luis Enrique belum ada yang sanggup memecahkan pertanyaan kenapa gagal menang di stadion berkapasitas 32 ribu orang itu.

Sialnya buat Barca, nama lain Barcelona, pada babak delapan besar Copa del Rey ini mereka bertemu Real Sociedad. Memang laga ini tak sespesial El Clasico maupun Derbi Barceloni namun tak pernah menang dalam satu dekade di kandang lawan pun bikin gregetan.

Dini hari nanti (20/1) di Anoeta Barca akan melakoni lawatan ke markas Sociedad pada first leg delapan besar Copa del Rey. Pada pertemuan pertama musim ini di ajang La Liga, Barca bermain imbang 1-1 di Anoeta 27 November lalu.

Entrenador Barca Luis Enrique sangat mengerti kalau skuadnya gemas dengan rekor tak pernah menang di Anoeta. Enrique hanya berkata akan memainkan pasukan terbaiknya meski levelnya hanya Copa del Rey.

[postingan number=3 tag=”olahraga”]

“Anoeta bukanlah stadion yang memberi keuntungan bagi Barca sejauh ini. Namun dari pertemuan ke pertemuan saya kira tinggal sedikit lagi akan mencapai kesuksesan di Anoeta,” tutur Enrique kepada Mundo Deportivo.

Dari perkembangan terakhir bek sayap Aleix Vidal yang menyumbang satu gol ketika Barca menang 5-0 atas Las Palmas (14/1) ditinggalkan. Pun demikian dengan kiper Marc Ter Stegen, Jeremy Mathieu, dan Rafinha.

Pria berusia 46 tahun itu memberikan apresiasi kepada Socedad sebagai lawan ulet yang sulit dijinakkan. Di klasemen La Liga, Sociedad berhasil menembus lima besar. Gaya main Sociedad di tangan Eusebio Sacristan mengandalkan permainan melebar dan set piece yang ciamik.

Sport English punya versi mengapa Barca selalu gagal menang di Anoeta sejak 2007 lalu. Pertama adalah kalender perjumpan Barca dengan Sociedad di Anoeta sering terjepit. Artinya seringkali sebelum dan sesudah laga tandang di Anoeta, Barca punya agenda penting.

Misalnya pada musim 2010-2011 lalu. Laga versus Sociedad digelar diantara semifinal Liga Champions versus Real Madrid. Atas nama skala prioritas, maka Josep Guardiola sebagai arsitek saat itu mengganti 100 persen skuadnya. Alhasil Barca kalah 1-2 kepada Sociedad.

Musim lalu pun demikian. Jadwal pertandingan Barca di Anoeta terjepit diantara perempat final Liga Champions versus Atletico Madrid. Parahnya setelah kalah 0-1 oleh Sociedad di Anoeta (9 April), empat hari kemudian di second leg perempat final Liga Champions, Barca menyerah 0-2 kepada Atletico di Vicente Calderon.

Faktor selanjutnya adalah ada kecenderungan menyepelekan dari para arsitek Barca. Di era awal Guardiola, Lionel Messi dan David Villa dicadangkan saat kunjungan ke Anoeta musim 2008-2009. Enrique pada musim 2014-2015 pun mencadangkan Lionel Messi, Neymar, dan Dani Alves.

“Ada tiga stadion dimana tim-tim besar tak selayaknya merotasi pemain. Yakni San Mames (kandang Atheltico Bilbao), Anoeta (kandang Sociedad), dan El Sadar (kandang Osasuna),” tulis jurnalis  Mikel Recalde. Sebab setiap laga lawan tim besar, stadion selalu penuh dan fans tuan rumah akan selalu berisik.

Sementara itu, arsitek Sociedad Eusebio Sacristan kepada Marca mengatakan keuntungab bagi timnya menggelar laga lebih dahulu dalam delapan besar Copa del Rey ini. Apalagi secara psikologis sudah adalah mental block dari penggawa Barca setiap bermain di Anoeta.

“Ini tantangan yang sangat besar dan menegangkan bagi kami setiap bertemu Barca. Untungnya mereka tak pernah menang dalam satu dekade di kandang kami,” tutur Sacristan.

Mantan pelatih Barca B itu akan menjajal memanfaatkan sugesti pemain Barca yang selalu gagal menang tersebut. Sociedad sendiri akan mengandalkan penyerang asal Brasil Willian Jose untuk mengobrak-abrik lini belakang Barca. Willian sejauh ini menjadi pemain tersubur Sociedad dengan sembilan gol di La Liga. (dra)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid