Jadwal Seleksi Timnas Tunggu Kepastian PSSI Pusat

SELEKSI TIMNAS: Ratusan atlet sepak bola asal NTB ketika mengikuti seleksi Timnas di Gedung Olah Raga (GOR) 17 Desember, belum lama ini. (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Asprov PSSI NTB masih menunggu keputusan PSSI Pusat terkait jadwal seleksi lanjutan pemain tim nasional (Timnas) U-16, U-20, dan U-17 putri. “Seleksi di daerah sudah selesai, tinggal seleksi di tingkat nasional yang belum ada waktu tepatnya. Informasi awal bulan ini,” ujar Wakil Ketua Asprov PSSI NTB, Suhaimi, Jumat kemarin (22/3).

Suhaimi menjelaskan, seleksi dilakukan Asprov PSSI NTB dengan menerapkan kriteria yang diusulkan PSSI Pusat. Termasuk beberapa kriteria fisik atlet.

Seleksi diikuti 836 peserta, terdiri dari 460 peserta kategori U-16 putra, selanjutnya 358 peserta kategori U-20 putra, serta 18 peserta kategori U-17 putri. “Hasilnya sudah ada, dan sudah kita kirim ke PSSI Pusat,” tuturnya.

Baca Juga :  Kick Boxing Amankan Empat Tiket PON Aceh-Sumut 2024

Untuk kategori U-16 Putra, ada 13 pemain yang lolos seleksi, dan namanya telah diserahkan ke PSSI Pusat. Begitu juga untuk kategori U-20 Putra, tercatat ada 13 pemain yang dikirimkan ke PSSI Pusat.

PSSI Pusat menggelar seleksi pemain Timnas untuk tiga kategori tersebut, di sepuluh daerah, yakni Medan, Lampung, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Lombok, Makassar, Ambon, dan Jayapura. Pemain yang lolos seleksi dari sepuluh lokasi seleksi itu akan ikut seleksi lagi di tingkat nasional. “Ini yang kita belum dapat jadwal pastinya,” ucap Suhaimi.

Baca Juga :  NTB Target 3 Medali Emas di Popnas 2023 Palembang

Menurut Suhaimi, program seleksi yang dilaksanakan PSSI Pusat mulai dari tingkat provinsi sangat bagus. Karena putra-putra daerah memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi, agar bisa bermain di tingkat yang lebih tinggi.

“Sebelumnya seleksi hanya dipusatkan di pulau Jawa saja. Nah sekarang disebar ke provinsi potensial juga. Ini bagus untuk perkembangan sepak bola di daerah,” tandasnya. (rie)

Komentar Anda