Pesepakbola Junior NTB Dapat Kesempatan Emas

TAMPIL : Inilah saat sejumlah pesepakbola usia dini menjalankan laganya mewakili SSB masing-masing. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pesepakbola pelajar asal NTB mendapat kesempatan emas. Mereka di panggil untuk mengikuti seleksi Timnas Pelajar U-15.

“Ini seleksi tahap kedua. Ada dari NTB yang akan ikut,” kata Ketua Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) NTB M Jaelan, Senin (8/3).

Surat dari Kemenpora terkait seleksi tahap II ini dikeluarkan 2 Maret lalu. Dalam surat tersebut, selain atlet juga akan dipanggil pelatih. Seleksi tahap II ini rencananya akan digelar di Banten.

“Nanti jika sudah resmi pengumuman yang lolos seleksi, kami akan sampaikan pemainnya,” katanya.

BLiSPI NTB berharap pemain yang mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi tahap kedua ini bisa berusaha dan menunjukkan kemampuan maksimalnya.

“Di NTB ini sudah banyak SSB dan ini bagus untuk perkembangan sepakbola sejak usia dini. Dari SSB inilah lahir pemain berbakat,” ujarnya.

Menurut Jaelan, untuk menciptakan pesepakbola bertalenta memang dibutuhkan pembinaan dan kompetisi sejak dini. Dengan begitu anak-anak bisa mendapatkan pembinaan berjenjang serta pengalaman bertanding.

“Ini bagus untuk perkembangan mental dan peningkatan skill anak,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Asprov PSSI NTB Prietia Eko Wardoyo mengatakan, pembinaan sejak usia dini memang sangat diperlukan. Dari situlah akan muncul bibit-bibit pesepakbola NTB. Peran lembaga selain PSSI sangat dibutuhkan. Termasuk keberadaan SSB.

“Jika semua terkoordinasi dengan baik. Kami yakin ada pesepakbola berbakat yang muncul dari NTB,” tandasnya. (rie)