Pertumbuhan Ekonomi Loteng Terbaik di Provinsi NTB

TERIMA: Bupati Lombok Tengah saat menerima penghargaan dari Polda NTB, Jumat kemarin. (IstIMEWA/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Upaya Pemkab Lombok Tengah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi membuahkan hasil. Bahkan daerah tersebut menjadi daerah terbaik di Provinsi NTB dengan pertumbuhan ekonomi melampaui sembilan kabupaten/kota lainnya.

Atas dasar itu, Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus. Penghargaan pertama diberikan Gubernur NTB, karena berhasil menjadikan Lombok Tengah sebagai kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi pada tahun 2021 lalu. Penghargaan kedua dari Kapolda NTB atas partisipasinya dalam menyukseskan pagelaran MotoGP, WSBK dan Asia Talent yang sudah berlangsung belum lama ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangun Daerah (Bappeda) Lombok Tengah, Lalu Wiranata mengatakan, untuk penghargaan yang diberikan Gubernur NTB setelah melihat pertumbuhan ekonomi di Lombok Tengah melampaui pertumbuhan ekonomi di sembilan kabupaten/kota di Provinsi NTB. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lombok Tengah tahun 2021 mencapai 4,03 persen dari tahun sebelumnya minus 6,7 persen. “Kalau kita hitung sebelum Covid-19 minus 6,67 persen. Dengan kenaikan 4,03 persen tahun 2021, maka pertumbuhan ekonomi mencapai 11 persen lebih. Bahkan tidak hanya tertinggi di Provinsi NTB akan tetapi juga terbaik lima di Indonesia bagian timur untuk sembilan sektor. Di antaranya pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan, penggalian, industri pengolahan, pengadaan listrik, dan gas,” terangnya.

BACA JUGA :  11 Nelayan Kuta Ditangkap Polisi

Penilaian dilihat dari bagaimana pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang, konstruksi, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, transportasi dan pergudangan, penyediaan akomodasi dan makan minum, informasi dan komunikasi, jasa keuangan dan asuransi, real estate, jasa perusahaan, administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib, jasa pendidikan jasa kesehatan dan kegiatan sosial, jasa lainnya. “Dari sembilan sektor produk domestik regional bruto (PDRB) Kabupaten Lombok Tengah itu, sektor yang paling menunjang pertumbuhan ekonomi adalah sektor konstruksi, industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, transportasi dan pergudangan serta penyediaan makanan dan minuman,” tegasnya.

Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri menambahkan, ada dua penghargaan yang didapatkan, termasuk disebabkan juga kemampuan menjadikan Kabupaten Lombok Tengah masuk lima besar sebagai daerah dengan pertumbuhan ekonomi tersebut. Pemerintah pusat akan memberikan hadiah pengalokasian dana besar untuk pemberdayaan ekonomi UMKM di Kabupaten Lombok Tengah. “Selain meraih penghargaan dari Gubernur NTB, kita juga berhasil meraih piagam penghargaan dari Kapolda NTB atas partisipasi dalam menyukseskan pagelaran MotoGP, WSBK dan Asia Talent yang sudah berlangsung belum lama ini,” terangnya.

BACA JUGA :  Diduga Depresi, Guru Honorer Tewas Gantung Diri

Pathul menambahkan, apa yang didapatkan ini adalah bagian dari sinergitas pemerintah Provinsi NTB dengan kabupaten/kota. Karena perhelatan MotoGP ini pekerjaan yang tidak ringan. Namun ini harus kerja bareng dengan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga dengan kesadaran masyrakat akan kegiatan kegiatan bersekala dunia ini sangat memahami semua ini. “Karena untuk kepentingan masyrakat banyak dan apapun  penghargaan yang kita dapatkan saat ini bukan lah hasil bupati wakil bupati, tapi semua ini adalah hasil keluarga besar masyrakat  Lombok Tengah,” tandas Pathul. (met)