PKB Buka Pendaftaran Penjaringan Kandidat Balon Kada

BUKA : DPC PKB Lombok Tengah mulai membuka pendaftaran kandidat untuk maju di pilkada Lombok Tengah, kemarin. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

PRAYA – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lombok Tengah mulai membuka pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Lombok Tengah. Pembukaan pendaftaran ini sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi (rakor) Dewan Pengurus Pusat (DPP) bersama Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB yang dilanjutkan juga dengan Rakor DOW bersama DPC PKB se-NTB.

Ketua DPC PKB Lombok Tengah,  H Lalu Pelita Putra mengatakan, dengan sudah dibukanya pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Lombok Tengah ini, maka ini menjadi ruang bagi semua pihak. Pasalnya PKB membuka ruang selebar-lebarnya bagi semua pihak baik itu yang kader maupun non kader untuk bisa mendaftar. “Alhamduliah DPC PKB Lombok Tengah telah menindaklanjuti hasil rakor DPP bersama DPW PKB yang dilanjutkan juga dengan rakor DPW bersama DPC PKB se NTB,” ungkap H Lalu Pelita Putra saat dihubungi Radar Lombok, Jumat (19/4).

Dimana salah satu yang dibahas adalah menyangkut pembentukan Desk Pilkada di masing-masing kabupaten/kota sesuai dengan Peraturan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) No 09 Tahun 2024 tentang penjaringan penetapan dan pemenangan calon gubernur dan wakil gubuernur,  bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota.  “Peraturan partai ini menjadi pedoman bagi DPC dalam melaksanakan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati, sehingga kerja-kerja kepartaian menjadi lebih sistematis dan lebih menjamin kepastian hukum,” terangnya.

Baca Juga :  Dewan Berikan Lampu Hijau Rencana Pinjaman PDAM

Ditambahkan Pelita, pendaftaran sudah dibuka dari Rabu (17/4). Pihaknya tidak menjelaskan secara detail kaitan dengan pendaftaran ini karena menurutnya terkait masalah-masalah yang bersifat teknis dapat langsung ditanyakan di sekertariat pendaftaran. “Namun yang perlu diketahui bahwa PKB memberikan ruang yang sama kepada semua orang baik itu kader maupun non kader,” tambahnya.

Anggota DPRD Provinsi NTB ini juga menekankan yang perlu diingat bahwa tahapan atau proses-proses pendaftaran dilaksanakan di DPC. Jika ada yang mendaftar di luar yang DPC sampaikan, apakah itu langsung ke DPP atau DPW maka pihaknya memastikan bahwa sudah pasti oleh DPP dan DPW akan diarahkan ke DPC. “Sesuai hasil rapat bersama DPW diharapkan bisa selesai pendaftaran pada tanggal 20 ini. Namun masih ada kemungkinan untuk diperpanjang karena masih menunggu kepastian acara halal bihalal zona Bali-NTB dan Kalimantan yang akan dilaksanakan di NTB. Di mana bakal calon yang sudah mendaftar akan diundang pada acara tersebut,” terangnya.

Baca Juga :  Gebuk Junior, Enam Siswa SMAN 1 Praya Dipolisikan

Pelita kembali memastikan bahwa dalam pendaftaran ini oleh PKB membuka peluang bagi semua pihak baik kader maupun non kader memiliki peluang yang sama. Saat ini semenjak dibukanya pendaftaran diakui sudah ada yang mendaftar namun tidak dijelaskan secara rinci jumlah dan siapa kader yang mendaftar. “Yang jelas semua orang memiliki kesempatan yang sama dan saat ini alhamdulilah sudah ada yang daftar,” tambahnya. (met)

Komentar Anda