Penataan Ekas, Rumah Warga Direlokasi

Sahri (Dok/Radar Lombok)

SELONG – Pemkab Lombok Timur merelokasi puluhan rumah warga yang berada di kawasan Pantai Ekas Kecamatan Jerowaru. Selama ini rumah-rumah warga tersebut sering diterjang banjir rob. Mereka dipindah ke tempat yang lebih aman. Proses relokasi sendiri akan dilakukan secara bertahap disesuikan dengan anggaran yang tersedia.”  Dari 70 unit rumah di tahun ini terlebih dahulu kita akan relokasi 13 unit. Sisanya di tahun berikutnya,” ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Lombok Timur, Sahri, belum lama ini.

BACA JUGA :  Internet Gangguan, Tes CPNS Molor

Ia menambahkan, ada 33 unit rumah memang sangat mendesak ditangani. Tapi dana yang tersedia hanya cukup untuk menangani 13 rumah dulu. Anggaran yang tersedia itu tentu akan dimaksimalkan dengan sebaik mungkin sehingga relokasi terhadap 13 rumah itu bisa segera rampung.” Penyebab selalu terkena banjir rob karena rumah warga  terlalu dekat dengan bibir pantai. Dan itu juga telah menyalahi aturan. Makanya kita akan pindah rumah  warga tersebut ke tempat yang lebih tinggi,” imbuh Sahri.

BACA JUGA :  Prajurit TNI Sukses Taklukkan “Sembalun 7 Summit”

Tidak hanya itu sebagian besar rumah warga yang akan direlokasi ini memang kondisinya sangat tidak layak huni. Melalui perbaikan ini rumah warga  tersebut akan ditata dengan rapi.” Untuk relokasi sendiri masih sedang dalam proses persiapan. Tahapan yang sedang berjalan sekarang ini yaitu lelang,” terangnya.

Berkaitan dengan anggaran pengerjaan, satu unit rumah menghabiskan biaya sebesar Rp 50 juta. Sedangkan sisa di tahun berikutnya juga nantinya akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.(lie)