MXGP Tak Pengaruhi Kenaikan Penumpang Bandara

PENUMPANG: Event MXGP Selaparang tidak berpengaruh siginifikan terhadap pergerakan penumpang mancanegara di Bandara Lombok. (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYA – Penyelenggaraan event Motorcros Grand Prix (MXGP) 2024 yang berlangsung di sirkuit Selaparang Kota Mataram yang berlangsung 29-30 Juni ternyata tidak memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pergerakan penumpang di Bandara Internasional Lombok (BIL). Pasalnya kalaupun saat ini ada peningkatan jumlah penumpang tidak terlepas karena kondisi libur sekolah.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Hariyanto mengakui ada penambahan jumlah penumpang di Bandara Lombok. Penambahan ini disebabkan musim libur sekolah. Penambahan jumlah penumpang ini juga lebih banyak untuk penerbangan domestik. “Jadi penumpang domestik pada pekan ini dibandingkan pekan sebelumnya memang mengalami peningkatan 14,2 persen. Sedangkan penumpang internasional naik 0,7 persen. Trennya memang bulan Juni-Juli penumpang mengalami peningkatan karena libur sekolah,” ungkap Arif Hariyanto saat dihubungi Radar Lombok, Minggu (30/6).

Baca Juga :  UAS akan Isi Cermah di Desa Beleka

Arif menjelaskan, jumlah rata-rata pergerakan penumpang per hari di Bandara Lombok untuk domestik dari 22-28 Juni ada 6.393 penumpang. Mengalami peningkatan 14,2 persen jika dibandingkan dengan periode 15-21 Juni yang jumlah penumpang 5.593 per hari. “Sementara kalau jumlah penumpang rute internasional pada 22-28 Juni mencapai 774 orang per hari. Pada 15-21 Juni jumlahnya 769 per hari atau meningkat 0,7 persen. Artinya secara umum baik domsetik atau mancanegara mengalami peningkatan 12,6 persen karena kalau kita lihat pada  22-28 Juni jumlah penumpang 7.167 orang per hari, sementara 15-21 Juni ada 6.367 orang,” terangnya.

Baca Juga :  DPP PBB Keluarkan SK PAW Lalu Arif Rahman Hakim

Ditambahkan, data tersebut bukan termasuk data pemulangan jamaah haji. Hal ini sebagai upaya untuk bisa dilakukan perbandingan karena dari 22-28 Juni jumlah penumpang rata-rata 7.447 per hari, termasuk pemulangan jamaah haji. “Data dari 22-28 Juni ada 6.393 penumpang per hari itu tidak termasuk haji. Karena kalau haji dimasukan jadi tidak bisa dibandingkan dengan pekan sebelumnya karena tidak ada haji,” ulasnya. (met)

Komentar Anda