Muhir Mulai Disidang Hari Ini, Polres akan Siagakan Ratusan Personel

AKBP Muhammad
AKBP Muhammad (Ali/Radar Lombok)

MATARAM—Sidang perdana kasus dugaan pemerasan proyek rehab SD/SMP pasca bencana Kota Mataram dengan tersangka Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram, H Muhir, digelar hari ini, Selasa (16/10). Kasus ini disidang di Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri (PN) Mataram.

Kejaksaan Negeri (kejari) Mataram meminta pengamanan aparat kepolisian untuk pengamanan disekitar pengadilan. Permintaan pengamanan ini bukan tanpa sebab lantaran mengacu pada saat digelarnya rekonstruksi kasus ini.

Kala itu, lokasi rekonstruksi dipadati puluhan pendukung H Muhir. Praktis, jalannya rekonstruksi sempat berjalan panas. ‘’Kita sudah berkirim surat ke Polres Mataram untuk pengamanan. Nanti kita juga kerahkan tim intel dari sini (Kejari),’’ ujar Kajari Mataram, I Ketut Sumedana, Senin kemarin (15/10).

Pengamanan juga diminta untuk sidang seterusnya. Langkah ini diambil sebagai bentuk antisipasi kejaksaan.  Permintaan pengamanan ini langsung direspon Polres Mataram.

Kapolres Mataram, AKBP Muhammad mengatakan, pihaknya siap memberikan pengamanan disekitar persidangan. Terlebih lokasi persidangan letaknya di depan Polres Mataram. Maka kepolisian tidak akan kesulitan untuk memantau situasi yang ada.

‘’Lokasinya kan tidak jauh. Tentunya kita maksimalkan pengamanan,’’ katanya.

Ia berharap jalannya persidangan berjalan aman dan lancar. Pihkanya tidak ingin ada gangguan yang terjadi. Baik di dalam ruang sidang maupun di luar pengadilan.

Menyikapi banyaknya masa yang akan datang ke pengadilan, kepolisian tidak akan melarang. Dengan syarat, pengunjung sidang harus menjaga ketertiban. Kepolisian akan bertindak tegas terhadap pengunjung sidang yang tidak menjaga ketertiban.

‘’Yang jelas jangan sampai mengganggu jalannya sidang. Apalagi sampai bersikap anarkis dan ada pengrusakan. Kalau ada hal tersebut kita akan tindak tegas. Kita minta jaga ketertiban,’’ tegasnya.

Mengenai jumlah pasukan yang disiapkan, Kapolres mengaku belum bisa diketahui. Karena menyesuaikan dengan jumlah masa yang datang ke persidangan.

Jika jumlah masa banyak, ada ratusan personel kepolisian yang siap menjaga jalannya persidangan. ‘’Malam ini masih kita dalami. Nanti akan kita sesuaikan. Kalau memang banyak dan personel kita kurang. Bila perlu kita minta bantuan dari Polda. Permintaan pengamanan ini sudah ada dari kejari Mataram,’’ jelasnya. (gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut