Menpora RI Jamin Fasilitas Cabor Unggulan di NTB

Zainudin Amali. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – NTB menjadi salah satu daerah sentra pembinaan dalam Perpres 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Namun kondisi sarana cabor atletik yang menjadi cabor unggulan NTB masih memprihatinkan. Lintasan sintetis atletik yang berada di GOR 17 Desember sudah mengalami kerusakan di sejumlah titik. Kondisi ini sudah tidak layak untuk digunakan latihan bagi atlet.

Menanggapi hal ini, Menpora Zainudin Amalia menjamin sarana cabor atletik akan diperbaiki. Hal ini disampaikan usai membuka sosialisasi DBON di Mataram, belum lama ini.

BACA JUGA :  Atlet Panjat Tebing NTB Dipanggil Pelatnas

”Kalau sudah masuk sebagai sentra pasti fasilitas akan dipenuhi,” ujarnya.

Menteri yang berasal dari Partai Golkar ini menjelaskan, perbaikan fasilitas olahraga di provinsi yang menjadi sentra pembinaan DBON tidak bisa langsung dilihat sekarang. Karena aturan mengenai DBON ini baru keluar tahun ini dan sedang tahap sosialisasi.

Provinsi yang menjadi daerah sentra pembinaan tidak perlu khawatir. Fasilitas yang kurang memadai akan dibenahi langsung oleh pemerintah pusat. Tetapi Menpora meminta daerah sentra pembinaan bersabar. Karena Perpres DBON ini baru keluar.

BACA JUGA :  Bonus Seadanya untuk Zohri dan Sudirman Hadi

”Kita harus komunikasikan dengan Kementerian Keuangan dan Bappenas. Karena beginilah cara APBN bekerja,” pungkasnya. Dari data yang dihimpun Koran ini, Dispora NTB sudah mengusulkan perbaikan lintasan sintetis yang ada di GOR 17 Desember ke pemerintah pusat sebanyak dua kali. Yakni pada 2020 dan 2021. Usulan terakhir yang diajukan pada 2021 adalah perbaikan lintasan sintetis dan penambahan lintasan serta sejumlah fasilitas penunjang latihan. Namun batal terealisasi dengan alasan anggaran tersebut terkena refocusing untuk penanganan Covid-19. (rie)