Mengenal Zakki Ahmad, Crosser NTB

Zakki Ahmad
Zakki Ahmad (Abdi Zaelani/Radar Lombok)

Nama Zakki Ahmad terbilang masih asing di telinga masyarakat NTB, tapi tidak di kalangan para pencinta balap. Sebagai pendatang baru di dunia lintasan, prestasi  Zakki banyak membuat berbagai pihak tercengang.


ABDI ZAELANI – MATARAM


SEJAK mengikuti dunia balap motor di level grestrack, nama Zakki Ahmad langsung berkibar. Mahasiswa Universitas Mataram (Unram) ini sukses mengharumkan nama Provinsi NTB di dunia lintasan motocross.

Betapa tidak, diberbagi kejuaraan nasional (kejurnas) motor, pembalap dari tim ZA193 langsung menghipnotis banyak orang dengan penampilannya. Pada debut pertamanya saja kala mengikuti  supporting class Kejuaraan Rinjani Grastrack region III Seri 2, ia berhasil keluar sebagai juara III.

Putra pertama dari pasangan Zaenul Muttaqin  dan Siti Kariani ini mulai menjajal olahraga ekstrim tersebut sejak masih duduk di bangku SMP. Ia terjun di dunia balap ini karena mengaku mendapat dukungan penuh dari kedua orangtuanya.

“Prestasi lain yang saya toreh yakni, juara 2 di kelas KLX Open 250 cc yang digelar di Selong Belanak, Lombok Tengah,” ujarnya kepada Radar Lombok, Senin (22/5).

Menekuni dunia crosser, jelasnya, tidak jauh dari bahaya. Malah olahraga ini disebutnya sebagai salah satu olahraga menantang bahaya dan maut. Ini karena olahraga yang ditekuninya tersebut tidak jauh dari insiden dan kecelakaan.

Alih-alih keder dengan bahaya dan aral yang melintang, Zakki sudah bulat memancang tekadnya sebagai crosser NTB. Ia mengaku ingin menjadi crosser profesional dan bisa menjadi atlet andalan NTB.

Zakki menceritakan, dia beberapa kali mengalami  kecelakaan dalam arena balap. Tak hanya ketika beradu dengan crosser lain, bahkan ketika latihan pun ia sering mengalami kecelakaan. Namun demikian tak membuat dirinya kapok. Sebaliknya, insiden demi insiden yang dialaminya membuat dirinya kian terpacu dan bersemangat menjajal rintangan di arena lintasan.

Dari banyak prestasi yang telah diperolah, ia mengaku paling berkesan di FDR Sunday Race Sport dan Trail 4 tak S/d 250 cc Selagalas dan berhasil juara 1. Prestasi lain yang menjadi kebanggaannya yaitu di kelas 150 cc super motto yang berlangsung 20-21 Mei 2017  kemarin di Selagalas. Di ajang ini ia keluar sebagai juara 1.

Agar prestasinya semakin gemilang, Zakki mengaku akan terus mengasah kemampuannya dengan banyak latihan. Ia berharap dengan hobi yang ditekuninya ini akan bisa membawa harum nama daerah sekaligus tanah air. “Do’akan saya agar bisa berprestasi lebih baik lagi,‘’ pintanya. (*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid