Kafe “New Surya” Terbakar

KEBAKARAN
TERBAKAR : Petugas saat berusaha memadamkan api yang membakar salah satu tempat hiburan malam, New Surya, sore kemarin. (Fahmy/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Tempat hiburan malam Kafe New Surya, yang terletak di Dusun Duduk Desa Batulayar Barat, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, terbakar sekitar pukul 17.15 Wita kemarin. Titik api diperkirakan berasal dari bagian hall kafe di lantai dua. Pasukan pemadam kebakaran Lombok Barat dibantu pemadam kebakaran Kota Mataram berjibaku memadamkan api. Total kerugian mencapai miliaran rupiah berdasarkan keterangan pengelola.

Saksi mata yang merupakan warga sekitar kafe ini menututrkan, api pertama kali terlihat sekitar pukul 17.15 wita. Sebelumnya hanya nampak kepulan asap dari bangunan depan. Lama-lama api mulai terlihat.” Awalnya kecil hanya kepulan asap, lama-lama semakin besar,” terang salah seorang saksi, Junadi.

BACA JUGA: Satu Keluarga Kesetrum Kabel Listrik Liar

Saat terjadi kebakaran kafe ini sudah mulai beroperasi. Sudah ada beberapa tamu yang datang untuk bersenang-senang. Saat hari normal, kafe ini mulai dibuka sekitar pukul 14.00 Wita.

Dari pantuan koran ini, peristiwa kebakaran membuat jalan raya utama dari dan menuju Senggigi macet. Para pengguna jalan menyempatkan diri berhenti dan menyaksikan kebakaran sehingga membuat jalan macet. Petugas  berusaha menjinakkan api yang berada di bagian belakang hall agar tidak merembet ke bangunan yang lain. Petugas lainnya berusaha memadamkan api dari depan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Lombok Barat, H. Fauzan Husniadi, turun langsung. Ia menjelasnya, informasi kebakaran diterimanya sekitar pukul 17.15 Wita. Ia langsung menerjunkan empat unit mobil pemadam.” Semua armada kita terjunkan untuk melakukan pemadaman,” katanya.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.30 Wita. Namun kepulan asap masih terlihat sehingga proses pendinginan tetap dilakukan. Ketersedian air di mobil pemadam juga jadi kendala. Armada harus bolak-balik mengambil air. Sampai pukul 19.00 Wita petugas masih berusaha mendinginkan api, karena masih terlihat titik api di beberapa sudut bangunan kafe.

BACA JUGA: SMAN 1 Sembalun Terapkan Sanksi Membaca Alquran

Kapolres Lombok Barat AKBP Hery Wahyudi menambahkan, kebakaran yang terjadi di Kafe “New Surya” tidak memakan korban. Penyebab kebakaran belum diketahui.”Penyebab kebakaran belum kita ketahui,” ungkapnya.

Manajer tempat karaoke ini, Dodi Fathurrahman, memperkirakan kerugian akibat kebakaran ini mencapai miliaran rupiah. Untuk sementara aktivitas kafe dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan. “ Kerugian miliaran,” ungkapnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut