Jamaah Haji Langsung Sujud Syukur

DATANG: Para jamaah haji asal Kota Mataram yang masuk kloter pertama saat tiba di Bandara Lombok, Senin (1/8). (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Para jamaah haji asal NTB akhirnya tiba di Tanah Air setelah menunaikan serangkaian proses ibadah haji di Tanah Suci Makkah. Rombongan yang pertama kali pulang ke Lombok adalah jamaah haji kloter pertama yang berasal dari Kota Mataram. Mereka datang melalui Bandara Lombok di Desa Tanak Awu Kecamatan Pujut.

General Manager Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan menyampaikan, untuk kedatangan pertama jamaah haji ada sekitar 389 orang datang melalui bandara Lombok. Mereka yang datang ini merupakan kloter pertama yang diberangkatkan sebelumnya. Para jamaah haji ini datang di bandara menggunakan pesawat Garuda Indonesia. “Sebanyak 389 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Provinsi NTB tiba di Bandara Lombok, Senin (1/8) pukul 07.59 Wita. Mereka merupakan jemaah haji asal Kota Mataram yang dibawa menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA5201 jenis Boeing 777-300ER dengan nomor registrasi registrasi PK-GII,” ungkap Rahmat Adil Indrawan, Senin (1/8).

Baca Juga :  Bos Walet Kateng Terancam 20 Tahun Penjara

Rahmat menambahkan, setelah turun dari pesawat, para jamaah haji ini kemudian melanjutkan perjalanan langsung menuju Asrama Haji Lombok di Mataram menggunakan bus Damri. “Terlihat beberapa jamaah haji langsung sujud di apron sebagai bentuk rasa syukur dapat kembali ke tanah air setelah menjalankan ibadah haji,” tambahnya.

Baca Juga :  Pasar Hewan Dibuka Paksa, Puluhan Ternak Positif PMK

Lebih jauh disampaikan, para jamaah haji selanjutnya akan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut di Asrama Haji Lombok. Pemeriksaan ini dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Mataram, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, serta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Mataram. “Alhamdulillah pada hari ini jamaah haji kloter pertama telah tiba di Bandara Lombok. Debarkasi haji dijadwalkan akan berlangsung mulai hari ini hingga Senin, 8 Agustus 2022 mendatang dengan total jamaah haji 2.064 orang yang terbagi dalam 6 kloter. PT Angkasa Pura I siap mendukung operasional penerbangan kepulangan jamaah haji ini dengan sebaik-baiknya,” tandasnya. (met)