Curi Sapi, Dua Anak Ingusan Diringkus Polisi

SELONG—Satreskrim Polres Lombok Timur (Lotim) berhasil meringkus empat pelaku pencurian sapi di Dusun Padak Guar, Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Senin lalu (11/7).

Mereka diketahui berinisial MJ, R, YM, dan MH. Keempat terduga pelaku ini diketahui juga warga setempat. Dari keempat pelaku, dua diantaranya diketahui masih berstatus bawah umur. Keduanya, RJ masih berumur 11 tahun, dan YM 14 tahun. Bahkan kedua terduga pelaku yang masih bawah umur ini masih berstatus pelajar. Mereka pun kini ditahan kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

Terkait ini, Kapolres Lotim melalui Kasubag Humas Polres Lotim, Iptu Muh Efendi membenarkan penangkapan empat terduga pelaku kasus pencurian sapi. Dari laporan yang diterima, seekor sapi jantan yang dicuri itu diketahui milik warga bernama Saunah alias Inaq Wil, warga setempat.

Kronologisnya berawal dari kehilangan sapi milik korban beberapa hari lalu. Sapi tersebut dilepas korban di salah satu kebun milik warga. Namun ketika diperiksa, sapi tersebut ternyata sudah hilang. “Namun beberapa hari kemudian, petugas mendapatkan informasi jika ada orang yang akan membawa sapi curian,” terangnya.

Dari laporan itu, petugas pun bersama aparat desa setempat, dibantu warga langsung bergerak mencari kepastian informasi tersebut. Akhirnya salah seorang warga pun bertemu dengan salah satu pelaku RJ, kemudian menanyakan kepada yang bersangkutan terkait sapi tersebut, dan diapun langsung mengakui jika sapi tersebut telah dicurinya. “Dia ngaku kalau sapi itu telah diambil bersama salah seorang rekannya,” terangnya.

BACA JUGA :  Banyak Anak Pejabat Lolos Lewat Titipan

Aksi nekat itu dilakukan, karena disuruh oleh salah satu pelaku dengan alasan ada orang yang hendak membeli. Selanjutnya, pelaku pun langsung beraksi dengan menyasar sapi korban. “Saat itu sapi sedang diikat. Ketika hendak dibawa sapi itu ngamuk dan terlepas. Pelaku kemudian membawa sapi lain untuk memancing sapi curian itu agar mau mengikuti dan bisa dibawa para pelaku,” terangnya.

Sapi tersebut kemudian dibawa pelaku, dan disembunyikan disalah satu kandang milik terduga pelaku. Setelah kasus terungkap, kepolisian pun langsung mengamankan sapi tersebut bersama empat terduga pelaku. Kini polisi masih memburu salah satu rekan pelaku inisial HE, dimana yang bersangkutan saat ini diketahui sedang berada di Danau Segara Anak, Gunung Rinjani. “Satu terduga pelaku lain masih belum pulang dari Segara Anak,” pungkasnya. (lie)