Barcelona 3 vs Sevilla 0

BARCELONA – Terlalu mainstream membahas berapa kali Lionel Messi membawa Barcelona jadi juara. Karena, pemain yang berjuluk La Pulga tersebut sudah memberikan 29 trofi untuk Barcelona. Termasuk ketika dia mengangkat trofi juara Piala Super Spanyol pada Kamis dini hari kemarin WIB  (18/8), di Camp Nou, Barcelona.

Akan tetapi berapa kalikah pemain yang baru saja mencabut kata-katanya untuk pensiun dari  timnas Argentina tersebut mengangkat trofi juara dengan ban kapten di lengan kanannya? Ya, Messi baru kemarin melakukannya. Messi dipercaya membebat ban kapten setelah Andres Iniesta absen di laga ini karena cedera.

Alhasil, Messi sebagai vice captain pun harus mengambil alih tugas Iniesta yang mengalami cedera lutut. Bukan hanya sebagai kapten kontribusinya. Messi juga menyumbangkan satu gol plus satu assist untuk membawa Barca memenangi leg kedua Piala Super Spanyol dengan skor 3-0. Dari dua leg, La Blaugrana – julukan Barca – menang agregat 5-0.

Messi mencetak golnya menit ke-56, dan menyumbang assist untuk gol Arda Turan di menit ke-10. Turan kembali mencetak gol keduanya pada menit ke-47. Messi juga mengokohkan namanya sebagai top skor Piala Super Spanyol dengan tambahan satu golnya itu. Total Messi sudah mencetak 12 gol dari tujuh edisi Piala Super Spanyol.

Diberitakan AS, pelatih Barca Luis Enrique menyebut di mana pun dan dengan berperan apa saja Messi pasti akan berhasil. ''Bahkan, ketika Anda menempatkannya untuk bermain jadi full-back pun Leo akan menjelma sebagai pemain terbaik di dunia,'' klaim entrenador yang berusia 46 tahun itu.

Musim panas tahun depan, usia Messi akan resmi berkepala tiga. Enrique tetap yakin bahwa Messi tidak akan terganggu dengan faktor usia yang semakin menjauh dari golden age-nya itu. ''Dia adalah inti dari sepak bola. Sekalipun usianya menua secara fisik dia akan menggantikannya dengan  kecerdasannya,'' lanjut Enrique.

Hanya, menatap La Liga musim 2016-2017 ini Enrique berpesan kepada pemainnya agar di musim depan tidak terlalu bergantung dengan performa Messi, alias Messi Dependencia. ''Di musim yang panjang kami tidak mengandalkan satu atau 11 pemain, tetapi 22 atau 23 pemain. Kami harus bermain secara kolektif,'' harapnya.

Setelah Piala Super ini, Barcelona dan Sevilla sama-sama memulai perjalanannya di La Liga akhir pekan ini. Bermain di Camp Nou, Barcelona menjamu Real Betis, Sabtu malam WIB (20/8). Lalu, Sevilla juga bermain di kandangnya sendiri di Ramon Sanchez Pizjuan menjamu Espanyol pada Minggu dini hari WIB (21/8). (ren)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid