Unram Perketat Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan

SNMPTN-UNRAM
Dr Agusdin (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM –  Universitas Mataram (Unram) mulai membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Pendaftaran untuk jalur SNMPTN atau undangan mengunakan nilai rapor bagi siswa kelas XII SMA dimulai dari 4-14 Februari 2019.

Wakil Rektor  I Bidang Akademik Unram Dr Agusdin mengatakan, bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN mulai dibuka. Untuk penerimaan mahasiswa jalur undangan atau SNMPTN ini Unram menerima 20 persen dari total kuota yang diterima pada 2019 ini.

BACA JUGA: Situs Unram Diretas, Muncul Jokowi2Periode

“Kita minta siswa SMA kelas XII yang ikut jalur undangan ini supaya mempesiapkan diri dengan baik. Unram tahun ini melalui jalur SNMPTN menerima 20 persen dari total daya tampung masing-masing program studi,” kata Agusdin kepada Radar Lombok, Rabu kemarin (6/2).

Agusdin mengatakan, bahwa pada tahun 2019 ini Unram mengurangi kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan yang sebelumnya 30 persen diturunkan menjadi 20 persen. Pengurangan kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tersebut, setelah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sebab yang murni lulus dari hasil evaluasi tersebut hanya 20 persen yang memenuhi standar.

Menurut Agusdin, selama ini ada potensi kecurangan dan ketidakjujuran pihak sekolah dalam mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) untuk melakukan pendaftaran melalui jalur SNMPTN. Karena itu sebagai solusi pada 2019 ini daya tampung untuk kuota SNMPTN dikurangi menjadi 20 persen.

“Bukan hanya itu, penerimaan jalur SNMPTN ini juga akan diperketat lagi,” tegasnya.

Sementara itu, terkait dengan tahap pendaftaran melalui SNMPTN diantaranya, pengisian dan verifikasi data PDSS. selanjutnya pemeringkatan oleh LTMPT melalui sistem pendaftaran SNMPTN melalui http://web.snmptn.ac.id kemudian bagi yang memenuhi syarat dan masuk dalam pemeringkatan berhak memilih program studi , bahkan pendaftar boleh memilih paling banyak 2 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Bukan hanya itu, pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN. Untuk program studi bidang seni dan olahrag wajib mengunggah porto folio.

BACA JUGA: PGRI NTB Desak Gubernur Keluarkan SK Guru Non PNS

Selain itu, Agusdin juga memastikan teknis pendaftaran untuk jalur SNMPTN pada 2019 ini tidak melakukan perubahan apapun. Tahun depan, sekolah tetap berkewajiban mengisi PDSS dengan lengkap dan benar serta mendorong siswa dalam proses mendaftar SNMPTN.

“Teknis pendaftaran SNMPTN 2019 tidak ada perubahan, syarat dan lain-lainnya sama seperti sebelumnya. Hanya kuota atau daya tampungnya saja dikurangi,” katanya.  (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid