Tiga Puskesmas Masuk Daftar Akreditasi

Ilustrasi Akreditasi Puskesmas

PRAYA-Tiga dari 28 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Lombok Tengah, masuk daftar akreditasi tahun ini.

Ketiga puskesmas tersebut yakni, puskesmas Praya, Janapria, dan Puyung Kecamatan Jonggat. Ketiga puskesmas yang masuk dalam daftar akreditasi ini sudah diberikan pembekalan. ‘’Informasi dari masing-masing KUPT puskesmas, persiapan mereka sudah mencapai 90 persen. Jadi tinggal pemantapan beberapa persyaratan saja yang belum dipenuhi,’’ terang Sekda Lombok Tengah, HM Nursiah, kemarin (5/3).

Untuk pemenuhan pemantapan persiapan ini, Nursiah mengaku sudah memberikan tempo waktu hingga dua pekan. Setelah itu, dipastikan semua persiapan akreditasi sudah selesai. Berkasnya kemudian akan dimasukkan untuk segera mendapatkan predikat tersebut. ‘’Dalam dua pekan ini persiapan mereka sudah harus tuntas, karena mulai tanggal 30 Maret ini penilaian sudah harus dilakukan,’’ tambahnya.

[postingan number=3 tag=”puskesmas”]

Lebih jauh Nursiah menerangkan, tiga puskesmas tersebut akan mengejar empat jenjang akriditasi. Yakni, akreditasi dasar, madya, utama dan paripurna. “Kan ada kriteria yang dinilai, di antaranya peningkatan pelayanan, sarana dan prasarana, aspek keuangan atau manajemen pengelolaan dan yang lainnya. Dari beberapa aspek itulah yang akan dinilai, apakah akan masuk ke akreditasi dasar, madya, utama ataukah sempurna. Tergantung hasilnya,” bebernya.

Nursiah menambahkan, setelah tiga puskesmas ini selesai akreditasi. Akan ada akreditasi lanjutan untuk sembilan puskesmas lainnya. Yaitu, puskesmas Penujak, Aik Darek, Batunyala, Mujur, Ubung, Pringgarata, dan sejumlah puskesmas lainnya.

Pengajuan ini akan dilakukan mengingat masih banyaknya puskesmas di daerah itu yang belum terakreditasi. Di mana setiap kecamatan memiliki masing-masing dua unit puskesmas. ‘’Kecuali Kecamatan Praya Barat Daya, itu tiga puskesmasnya karena ada penambahan baru di Batu Beduk tahun lalu,’’ tandasnya. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid