Tiga Jabatan Kurang Pendaftar, Empat Pendaftar Langsung Terpental

Lalu Wardihan Supriadi (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Panitia seleksi pengisian sebelas jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II sudah selesai memeriksa persyaratan administrasi para pendaftar. Berdasarkan berita acara hasil seleksi administrasi peserta seleksi terbuka itu, diketahui dari sebelas jabatan yang di-pansel yang syarat minimal masing- masing jabatan harus diisi oleh pendaftar minimal tiga orang. Namun ternyata masih ada tiga jabatan yang pendaftarnya kurang dari tiga meski sudah dilakukan perpanjangan.

Bahkan berdasarkan hasil verifikasi dan penelitian atau penilaian berkas persyaratan administrasi masing-masing peserta, panitia seleksi telah menetapkan 39 orang yang dinyatakan memenuhi syarat. Mereka berhak mengikuti tahap seleksi kompetensi manajerial dan kompetensi bidang keahlian. Sementara empat orang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Adapun jabatan yang pendaftarnya kurang dari tiga orang diantaranya jabatan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) yang pendaftarnya hanya Lalu Wiranata dan Helmi Qazawaini. Sementara jabatan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) pendaftarnya hanya H Lalu Alfian Rahman dan Abdul Kadir. Jabatan satunya lagi yang kurang adalah Sekretaris DPRD, yakni Suhadi Kana dan H Lalu Herdan.

BACA JUGA :  Selain Sepi Pembeli, Barang Pedagang Kerap Dicuri

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Lombok Tengah, Lalu Wardihan Supriadi menerangkan, setelah diumumkannya hasil seleksi administrasi ada tiga jabatan yang pendaftarnya masih di bawah tiga orang yakni hanya dua pendaftar. Meski kurang, namun pansel bisa tetap dilanjutkan mengingat sebelumnya sudah ada perpanjangan waktu. “Perpanjangan sudah selesai meski tetap ada yang pesertanya, cuma dua orang yakni di tiga jabatan yang kita pansel. Tapi secara aturan kita diperbolehkan pansel meski dua orang karena sudah kita perpanjang sebelumnya dan sekarang sudah kita umumkan hasil seleksi administrasi baru menyusul seleksi selanjutnya,” terang Lalu Wardihan Supriadi kepada Radar Lombok.

BACA JUGA :  Warga Peras Berharap Wabup Tepati Janji

Setelah diumumkannya hasil seleksi administrasi, maka baru dilanjutkan dengan technical meeting dan pembuatan makalah pada 25 Oktober 2021 di aula BKPP. Kemudian dilakukan asesmen, kesehatan jiwa, dan penyerahan makalah pada 27 Oktober 2021. “ Baru dilakukan presentasi dan wawancara pada 28-29 Oktober,” paparnya.

Seperti diketahui jabatan-jabatan yang di-pansel diantaranya Kepala Bappeda, Kepala Dispora, Kepala Dikes, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala Pendidikan (Disdik), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) , dan Sekretaris DPRD. “Selain tiga jabatan yang hanya dua pendaftar, semuanya sudah terpenuhi minimal tiga orang itu. Bahkan jabatan kepala dinas kesehatan (dikes) pendaftarnya hingga enam orang,” terangnya. (met)