Siswa MAN 2 Mataram Juara Olimpiade MIPA

MAN-2-MATARAM
JUARA : Siswa MAN 2 Mataram meraih juara 1 bidang Kimia, Ria Zulva dan Yu Ridho Maulana bidang Fisika juara 2. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM   Sebanyak dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram berhasil meraih juara di ajang Olimpiade MIPA diadakan Universitas Mataram (Unram)  pada 22  Juni. Kedua siswa MAN 2 Mataram ini berhasil meraih juara 1 di bidang Kimia atas nama Ria Zulva dan Yu Ridho Maulana di bidang Fisika juara 2.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Madrasah (Wakamad) MAN 2 Mataram Meci Karimah Kasipahu mengatakan, sebelum mengikuti kegiatan olimpiade, siswa MAN 2 Mataram sudah dikarantina. Sebelumnya mereka juga persiapan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 13 Juli tingkat Kota Mataram.

“Kita mempersiapkan jauh sebelum mengikuti lomba, sehingga hasilnya memuaskan dan alhamdulillah kita berhasil untuk keluar sebagai juara,” kata Meci kepada Radar Lombok, Senin (24/6).

BACA JUGA: 79 Siswa SMKN 3 Mataram Tidak Naik Kelas

Dikatakannya, persiapan kedua siswa MAN 2 Mataram menuju olimpiade tetap dilakukan karantina. Dengan hasil ini tentunya akan menjadi kebanggan untuk MAN 2 Mataram.

“Kita yakin dan percaya jika tetap mengikuti lomba, maka kemampuan anak-anak semakin terasah disetiap mengikuti olimpiade,”  jelasnya.

Selain itu, tujuan yang paling utama yakni KSM di tingkat Kota Mataram sebab kegiatan ini resmi langsung dari kementerian agama sampai level Nasional.

Sedangkan untuk olimpiade di Unram, IKIP maupun di UIN dan universitas yang ada di Lombok hanyalah penambahan jam terbang saja untuk mengasah kemampuan yang dimiliki siswa

“Semakin sering mengikuti lomba maka semakin siap menghadapi berbagai lomba baik yang diadakan oleh Kementerian Agama, seperti KSM maupun lainnya,’’ jelasnya.

BACA JUGA: Mendikbud Revisi Aturan PPDB Sistem Zonasi

Menurutnya, dari 8 siswa yang dikim hanya 2 siswa yang berhasil meraih juara di Unram yakni, Ria Zulva kelurar sebagai juara 1 dibidang Kimia kemudian Yu Ridho Maulana berhasil juara 2 di bidang Fisika. Sesuai ketentuan 1 mata pelajaran, 2  siswa dan berhasil juara mereka berdua, sebab persaingan berat ini melibatkan se-NTB.

Dikatakannya, siswa madrasah mampu menunjukan kualitasnya dan bersaing dengan siswa dari sekolah umum. Siswa madrasah mampu menunjukan prestasi luar biasa dengan meraih juara di olimpiade MIPA diadakan oleh Unram.

“Kita berharap nanti saat KSM berlangsung, siswa MAN 2 Mataram bisa membuktikan diri dan meraih prestasi gemilang,” katanya. (adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid