MAN 2 Mataram Motivasi Siswa Jadi Penulis

TALKSHOW: Penulis dan novelis Forum Lingkar Pena, Helvi Tiana Rosa kala memberikan paparan di hadapan MAN 2 Mataram (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Langkah MAN 2 Mataram  menjadikan siswanya sebagai penulis patut diapresiasi. Tak tanggung-tanggung, madrasah ini mengundang Forum Lingkar Pena (FLP) untuk memberikan tutorial menulis.

Kamis kemarin (27/10), madrasah ini mendatangkan penulis dan novelis ternama Indonesia. Sosok yang diundang ini sekaligus pendiri Forum Lingkar Pena (FLP), Helvi Tiana Rosa. Penulis yang kerap menyasar anak muda sebagai obyek tulisannya ini tampil sebagai pembicara di hadapan siswa di madrasah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Helvi (sapaan akrabnya, Red) menyempatkan diri bercerita panjang lebar tentang pengalamannya. Baik sebelum jadi penulis hingga pengalamannya saat ini. Materi yang disampaikan berkutat tentang proses kreatifnya sehingga menjadi penulis.

"Kita harus tetap menulis dan membaca, terserah mau salah atau tidak. Yang penting kita mau menulis dulu," ungkapnya.

Para peserta yang hadir di kegiatan terlihat sangat antusias. Antusiasme siswa siswa ini rupanya dapat dibaca dan membuat dirinya semakin bersemangat di hadapan mereka.

Begitu semangatnya siswa MAN 2 Mataram mengikuti paparan Helvi, kerap kali setiap momen atau sesi bertanya, Helvi kewalahan menghadapi siswa yang berebut mengacungkan telunjuk.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Mataram, H Lalu Syauki mengatakan, kegiatan talkshow semacam itu sudah lama diimpikan. Terlaksananya mimpi itu membuat dirinya mengaku sangat bersyukur karena sudah menjadi kenyataan.

“Ini sangat pas kegiatannya untuk memotivasi mahasiswa,” ungkapnya.

Diakuinya, paparan Helvi sangat membuat siswa termotivasi. Dalam paparannya, sosok pendiri FLP itu banyak menyelipkan motivasi-motivasi bagi siswa.

Dikatakan, sebenarnya kegiatan tersebut tidak saja melibatkan siswanya. Bahkan, siswa dari sekolah lain juga diundang untuk mengikuti talkshow tersebut. (cr-rie)