Polres Mataram Tingkatkan Patroli Pasca Gempa

Polres Mataram Tingkatkan Patroli Pasca Gempa
RUSAK: Proses pembangunan rumah warga yang rusak akibat gempa segera dilaksanakan. (ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga Kota Mataram, Satuan Sabhara Polres Mataram terus meningkatkan patroli terutama di malam hari.

“Kita berupaya tetap patroli di seputaran wilayah hukum Polres Mataram untuk memastikan kamtibmas,” ungkap Kapolres Mataram, AKBP Muhammad, Rabu (22/8).

BACA JUGA: Google Berikan Peringatan Bahaya untuk Lombok

Patroli dilaksanakan, jelasnya, terkait gempa yang terus melanda Lombok. Akibat gempa itu, nyaris semua warga tidak berani menempati rumahnya. Kebanyakan warga memilih diam di tempat pengungsian bersama anggota keluarga. Warga memilih mengungsi, lanjutnya, tidak lepas pula karena kondisi bangunan rumah yang berpotensi roboh. Kondisi ini berpotensi membahayakan nyawa warga.

Di lain sisi, tegasnya, kondisi ini bisa memicu timbulnya tindakan kriminalitas dan pencurian. Karena itu, keamanan warga harus terjamin yang dari aksi-aksi seperti itu.

“Jadi anggota kita tingkatkan patrolinya agar keadaan tetap aman,” lanjutnya. Ia mengatakan, sasaran patroli kali adalah tempat usaha dan pemukiman penduduk. Selain itu, wilayah yang rawan gangguan kamtibmas pada siang dan malam hari juga tak luput dari pantauan pihaknya.

Disela-sela patroli, bebernya, anggota Polres Mataram juga memberikan imbauan kepada warga untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar. Warga diimbau untuk aktifkan ronda malam dan tetap waspada. Jika ada pelaku kriminal yang ditemukan, ia berharap segera dilaporkan. Permintaan ini agar pihaknya bisa segera menindaklanjuti.

BACA JUGA: KLU Minta Perpanjangan Masa Tanggap Darurat

Kapolres Mataram juga sudah memerintahkan anggotanya jika menemukan pelaku kejahatan untuk tidak segan-segan menindaknya dengan tegas. “Saya sudah perintahkan anggota untuk tindak tegas setiap pelaku kejahatan yang meresahkan warga,” ucapnya.

Terakhir, Muhammad berpesan kepada warga untuk tidak mudah mempercayai berita-berita hoax atau berita yang tidak jelas sumbernya. Hal itu karena hanya akan menambah keresahan. (cr-der)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut