Pendaftar SNPDB MAN IC Lotim Tembus 458 Orang

Sejumlah pendaftar mengikuti SNPDB MAN IC Lotim Saat melakukan tes CBT. (Ist)

SELONG – Jumlah pendaftar dalam Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Lombok Timur setiap tahunnya selalu meningkat. Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2024/2025 ini yang mendaftar sebanyak 458 orang, di mana pada tahun lalu mendaftar sebanyak 442 orang.

“Setiap tahun jumlah yang mendaftar terus meningkat. Tahun ini yang mendaftar sebanyak 458 orang,” sebut Kepala MAN IC Lombok Timur H Nasruddin Mansyur, kemarin.

Dikatakan Mansyur, bahwa semua proses dalam seleksi berjalan lancar. Mulai dari tes dilaksanakan pada 2-3 Maret 2024. Kemudian dari total 458 orang yang melakukan tes, ada 1 peserta yang lulus lewat jalur prestasi, karena mendaftar hanya 1 orang.

Pelaksanaan SNPDB ini berbasis tes diselenggarakan di dua titik, yaitu di MAN IC Lotim untuk Pulau Lombok dan di MTsN 1 Sumbawa untuk Pulau Sumbawa. Terdapat juga peserta yg mengikuti tes di beberapa MAN IC dan madrasah unggulan lain di provinsi lain. Seleksi berbasis tes untuk memperebutkan 95 kuota dan 1 kuota sudah terisi lewat jalur prestasi, sehingga total yang diterima di MAN IC Lotim sebanyak 96 siswa baru.

Baca Juga :  Dua PTS Belum Selesaikan Pengembalian Dana Bidikmisi Mahasiswa

Pihaknya bersama panitia secara langsung melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan SNPDB MAN IC Lotim dan di Pulau Sumbawa. Tercatat ada 32 peserta yang mengikuti tes di MTsN 1 Sumbawa Besar. Selanjutnya, hasil seleksi diumumkan melalui akun masing-masing peserta tes pada 20 Maret 2024 mendatang.

Untuk diketahui, sebelumnya, pada 29 Februari – 1 Maret telah dilaksanakan ujicoba tes SNPDB. Di mana pelaksanaan ujicoba tes SNPDB sukses sesuai perencanaan dan tujuan. Terdapat beberapa perangkat hardware yang berpotensi bermasalah langsung diganti dengan perangkat komputer lain.

Baca Juga :  Murid SDN 30 Cakranegara Belajar di Luar Kelas

“Pelaksanaan ujicoba dapat memberikan kemantapan dan kualitas persiapan seleksi yang maksimal,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia SNPDB MAN IC Lombok Timur H Hirmaswadi menyebut jumlah pendaftar sebanyak 458 orang. Pendaftaran SNPDB MANPK Tahun Pelajaran 2024/2025 dibagi dua jalur, yaitu jalur prestasi dan jalur tes. Siswa MTs/SMP yang akan diterima pada jalur prestasi ini merupakan lulusan terbaik yang memiliki prestasi keagamaan yang diselenggarakan Kementerian Agama dan memiliki hafalan Alquran, dengan beberapa ketentuan, yaitu: Juara 1, 2, dan 3 Tingkat Provinsi; Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ), Musabaqah Qiraatil Kutub(MQK), Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES), Kompetisi Siswa Madrasah (KSM), atau memiliki hafalan Alquran minimal 15 juz.

“Kita berharap melalui seleksi nasional ini dapat menyerap para calon siswa yang berkualitas, sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka,” tutupnya. (adi)

Komentar Anda