Pelindo Salurkan Pinjaman untuk Mitra Binaan

PELINDO

MATARAM—PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III wilayah NTB melakukan penyaluran pinjaman program kemitraan dan pelatihan kewirausahaan kepada warga yang selama ini menjadi mitra.

Baharuddin selaku General Menejer (GM) Pelindo III Wilayah NTB menyampaikan, bahwa  kegiatan tersebut merupakan sinergitas antara masyarakat dengan Pemda, serta Pelindo atas kerjasama yang selama ini telah terjalin. ”Kami juga akan terbantu dengan perogram ini, sehingga diharapkan dengan perogram ini selain membangkitkan ekonomi masyarakat juga mampu menyerap tenaga kerja,” harapnya Jumat (3/3).

Dijelaskan, bahwa dalam usaha kreatif masyarakat akan terus ditingkatkan, salah satunya bidang usaha yang fokus dalam pengembangan pariwisata. ”Selain kami membantu untukpinjaman kemitraan dan pelatihan kewirausahaan, kami juga fokus untuk pengembangan pariwisata,” tambahnya.

[postingan number=3 tag=”ekonomi”]

Dia berencana melakukan pengembangan berbagai fasilitis yang ada di Pelabuhan, dengan membangun Terminal Gili Mas untuk penumpang  Cruise (Kapal Pesiar) terbesar di Indonesia, yang diharapkan kedepan akan berdampak kepada masyarakat, agar termotivasi dengan produksi industri kreatif. ”Kita ingin dampaknya kedepan masyarakat Lombok lebih termotivasi untuk melakukan produksi industri kreatif yang mampu menyerap lapangan kerja,” ujarnya.

Baharuddin juga berharap, sinergitas dari Pemerintah Daerah (Pemda) agar tetap ditingkatkan. Karena konsep Pelindo kedepan dalam rangka membantu kemitraan, dengan adanya CSR akan membantu peningkatan sumber daya dalam pemasaran. ”Saya harapkan peningkatan sumberdaya kita dalam hal pemasaran oleh pihak Pemda. Karena mitra pengajuannya hanya Rp.300 juta,” jelasnya.

Kegiatan sendiri diikuti oleh sekitar 30 orang peserta, yang merupakan mitra binaan Pelindo NTB, baik yang masih aktif maupun tidak. Mitra yang melakukan peminjaman nantinya akan memberikan iuran selama 30 bulan, dengan 26 kali angsuran. ”Maksimal pinjaman program sebesar Rp 75 juta, dengan 26 kali angsuran untuk melakukan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (cr-met)