Mulai Tahun Ini Akper Sakra Berhenti Terima Mahasiswa Baru

Mahdi Thoha
Mahdi Thoha (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG-Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB yang berada di Kecamatan Sakra mulai tahun ajaran 2018 tidak menerima mahasiswa baru.

Kepala Akper Mahdi Thoha mengatakan, mulai tahun akademik tahun 2018-2019 Akper tidak akan menerima mahasiswa baru. Hal ini mengacu pada Undang-undang Pendidikan Nasional dimana perguruan tinggi setingkat akademi bukan lagi menjadi wewenang pemerintah daerah, melainkan berada di bawah naungan kementerian terkait. Sehingga perguruan tinggi milik daerah yang di provinsi maupun kabupaten harus digabung.

” Ada yang bergabung ke perguruan tinggi di bawah Kementerian Dikti, dan ada pula yang gabung ke perguruan tinggi yang bernaung di Kementerian Kesehatan. Sementara Akper NTB rencananya akan gabung ke Poltekes Mataram. “ Kami sudah divisitasi Kementerian Kesehatan. Hasil visitasi itu kami tidak lulus sehingga kami harus tutup,” katanya kepada Radar Lombok kemarin.

Meski Akper ini sudah nyatakan ditutup, akan tetapi bukan semerta-merta aktivitas akademik langsung berhenti. Mahasiswa yang masih belajar hingga saat ini tentu tetap bisa menyelesaikan studi hingga selesai. Sehingga pada saat semua mahasiswa sudah lulus, tentunya harus menunggu kebijakan pemerintah provinsi.