Peminat Perhotelan Meningkat, Siswa Pertanian Munurun

SMKN 1 Sakra

SELONG –Peminat jurusan Perhotelan di SMKN 1 Sakra Kabupaten Lombok Timur meningkat drastic. Kondisi ini berbanding terbalik dengan peminat jurusan Pertanian.

Humas SMKN 1 Sakra, Hamka mengatakan, tahun ajaran baru 2017 peminat sekolah ini semakin banyak. Namun dari banyaknya jurusan yang ada, peminat jurusan perhotelan yang paling banyak siswanya.

“Untuk ajaran baru ini sekolah menyiapkan dua ruang belajar untuk jurusan Perhotelan. Namun karena animo masyarakat tinggi, sekolah memutuskan membuka tiga kelas,” katanya kepada Radar Lombok, Selasa (25/7).

Untuk jurusan perhotelan, jelasnya, merupakan salah satu jurusan yang menjadi incaran siswa. Ini dikarenakan banyaknya peluang kerja bagi lulusan jurusna tersebut.

Selain itu sambungnya, penyebab meningkatnya peminat jurusan perhotelan yakni adanya sekolah tinggi di Pulau Lombok yang membuka jurusan pariwisata dan perhotelan.

“Saat ini akan ada sekolah pariwisata dan rencananya juga masih ada sekolah-sekolah tinggi lainnya,” jelasnya.

Seiring dengan banyaknya peminat jurusan perhotelan,lanjutnya, SMKN 1 Sakra yang dikenal dengan sekolah pertanian justru peminat jurusan pertanian semakin berkurang. Karena itu, pihaknya berharap agar pemerintah meningkatkan fasiltas untuk jurusan pertanian.

Di negara luar, jelasnya, sektor pertanian semakin maju. Ini karena para petani di negara tersebut sudah tergolong canggih berkat bantuan teknologi.

“Kalaupun sekolah akan membeli semua fasilitas yang canggih untuk pendidikan, harga alat ini cukup tinggi. Namun kalau kita mengandalkan alat manual secara otomatis kita akan ketinggalan,” tegasnya. (cr-wan)

BACA JUGA :  Jalur BL Diharapkan Bebas Pungutan