Maling di Toko, Buruh Bangunan Ditangkap

MALING: Spesialis pencurian toko dan kios menunjukkan barang bukti uang hasil kejahatannya setelah berhasil ditangkap anggota Polres Lotim, Jumat kemarin (3/2). (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Tim operasi Jaran Gatarin Polres Lotim terus gencar melakukan razia terhadap sejumlah aksi kejahatan di wilayah hukum Polres Lotim. Kali ini, nasib apes dialami oleh pelaku spesialis pencurian toko dan kios. Seorang pelaku berhasil dibekuk polisi berinisial SH (31), warga Kesik, Masbagik. Pelaku dalam kesehariannya berprofesi sebagai buruh bangunan.

Pelaku ini berhasil ditangkap petugas di sekitaran wilayah Sakra Timur, Jumat kemarin (3/2). Dalam cacatan kepolisian, pelaku ini telah melakukan sejumlah aksi kejahatan di sejumlah tempat di Lotim. “Tim operasi Jaran Gatarin Polres telah menangkap spesialis pencurian toko dan kios,” kata Kapolres melalui Kasubag Humas Polres Lotim Iptu I Made Tista, kemarin.

Baca Juga :  Tanam Ganja, Petani di Kawo Ini Ngaku Dapat Bibit dari Bule

[postingan number=3 tag=”maling”]

Berbagai kasus pencurian telah dilakukan pelaku secara berturut-turut, tiga kali selama bulan Februari 2016 lalu. Sejumlah kasus pencurian itu juga telah dilaporkan para korban ke pihak kepolisian. “Korbannya warga Desa Gelanggang, Sakra Timur, warga Lepak Sakra Timur, dan Desa Rumbuk Timur,” lanjutnya.

Dalam menjalankan aksinya, pelaku berpura-pura belanja di toko dan kios yang telah diincar. Setelah itu kemudian pura-pura duduk di toko dan kios korban. Ketika korban lengah, pelaku  langsung mengambil sejumlah barang berharga milik korban. Baik itu HP ataupun uang hasil penjualan. “Baik itu uang yang disimpan di laci ataupun di etalase,” terang dia.

Baca Juga :  Janda Beranak Tiga Jual Sabu Plus Sediakan Tempat

Dari tiga lokasi pencurian, pelaku berhasil membawa sejumlah uang tunai. Dilokasi pertama pelaku mengambil uang korban sebanyak Rp 750 ribu, lokasi kedua Rp 815 ribu dan lokasi ketiga Rp 921 ribu. “Modus seperti ini sudah berulang kali dilakukan pelaku di beberapa tempat di wilayah hukum Polres Lotim,” terang dia.

Bersama barang bukti, pelaku langsung digelandang ke Mapolres Lotim untuk diproses lebih lanjut. “Pelaku masih ditahan di Polres,” tandas dia. (lie)