Lewat Pojok Ekspresi, Wagub Sosialisasikan Misi NTB Gemilang

Dr Hj Siti Rohmi Djalilah (ist)
Dr Hj Siti Rohmi Djalilah (ist)

SELONG – Nusa Tenggara Barat (NTB) Gemilang menjadi visi pembangunan sekaligus komitmen dan ikhtiar untuk mewujudkan Provinsi NTB yang tertata rapi sebagai tempat hunian yang menyenangkan. Dengan misi ini pula diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang berdaya saing, tangguh, dan berbudi luhur serta pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik.

Dari arena Pojok Ekspresi SMAN 1 Selong Lombok Timur, Wakil Gubernur Dr Hj Siti Rohmi Djalilah mensosialisasikan misi NTB Gemilang. Ada enam misi untuk membangun Provinsi NTB. Dengan harapan, seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali siswa-siswa SMAN 1 Selong ikut berperan aktif dalam mewujudkan seluruh ikhtiar tersebut.
“Misi NTB Gemilang yang pertama adalah mewujudkan NTB Tangguh dan Mantap. Dengan misi tersebut, penguatan mitigasi bencana dan pengembangan infrastruktur serta konektivitas wilayah menjadi salah satu prioritas,” ungkapnya Sabtu (29/8/2020).

Yang kedua, tambah Umi Rohmi, ada visi NTB Bersih dan Melayani. Melalui misi tersebut diharapkan Provinsi NTB menjadi birokrasi yang berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dari KKN dan berdedikasi. Komitmen untuk menghadirkan pemerintahan yang bersih diwujudkan melalui program keterbukaan informasi publik dan tersedianya ruang atau akses bagi seluruh masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan berkreasi membangun NTB. “Pemprov NTB juga menyediakan ruang yang luas bagi masyarakat untuk dapat menyampaikan keluh kesah dan berinteraksi secara langsung maupun secara digital dengan Gubernur, Wakil Gubernur beserta seluruh pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya,” tambahnya.

Misi yang ketiga, mewujudkan NTB Sehat dan Cerdas. Untuk mewujudkan misi Sehat dan Cerdas tersebut, Pemrov NTB meluncurkan Revitalisasi Posyandu, rumah layak huni, jamban keluarga, hingga mengirim putra-putri NTB setiap tahun keluar negeri untuk menimba ilmu dan memperkaya mindset, sehingga kelak setelah kembali ke tanah air, siap menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dan bahkan pemimpin dunia. “Anak-anak SMAN 1 Selong harus menjemput program ini, lanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi,” harap Wagub.

Keempat, mewujudkan NTB Asri dan Lestari. Melalui pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan. Terdapat enam Program Unggulan Gemilang Lingkungan yang menjadi fokus penanganan secara kolaboratif, baik antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, maupun stakeholder lainnya. Mulai dari gerakan sadar lingkungan hingga program aksi pengendalian pencemaran lingkungan, khususnya sampah plastik dan limbah industri melalui gerakan Zero Waste. Program-program tersebut meliputi Pembangunan Tata Ruang secara Berkelanjutan, NTB Hijau, NTB Zero Waste sampai Bank Sampah. “Daerah kita harus bersih, harus tetap hijau, itu semua harus kita jaga dan rawat bersama, sampah-sampah plastik kita kurangi, kita pilih dan kreasikan supaya menjadi berkah,” tambah Wagub.

Kelima, mewujudkan NTB Sejahtera dan Mandiri. Misi tersbeut kita wujudkan melalui penanggulangan kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan pertumbuhan ekonomi inklusif yang bertumpu pada pertanian, pariwisata dan industri. “Untuk Misi yang ke lima ini, industrialisasi menjadi salah satu kunci untuk mewujudkan NTB yang sejahtera dan mandiri. Alhamdulillah, meski ditengah pandemi, anak-anak muda NTB mampu membuat motor listrik serta ratusan mesin lainnya,” ujar Wagub memberi semangat kepada seluruh siswa agar tetap produktif ditengah pandemi.

Keenam, mewujudkan NTB Aman dan Berkah. Melalui pengembangan masyarakat madani yang beriman, berkarakter dan penegakan hukum yang berkeadilan. “Visi-Misi NTB Gemilang tersebut harus kita wujudkan bersama, demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat NTB,” tutup Umi Rohmi mengakhiri penyampaiannya di kursi Pojok Ekpresi. (hms/sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumya68 Nakes Positif Covid-19 Masih Dirawat
Berita berikutnyaPKB Tuding PKS Ingkari Kesepakatan Koalisi