Disnakertrans Lotim: Anwar sebagai Tekong Tak Ada Kaitan Dinas

Nurul Anwar, pelaku pembunuhan istri ditahan di Polres Lotim. (IST FOR RADAR LOMBOK)

SELONG–Kabid Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Timur (Lotim) Raden Bambang W Minardi membenarkan bahwa Nurul Anwar, pelaku pembunuhan terhadap istrinya Lilis Sukmawati itu adalah tenaga honor di Disnakertrans Lotim.

Yang bersambung sekitar 6 tahun menjadi tenaga honor. “Dia orangnya itu memang pendiam,” kata Bambang, Jumat (21/6/2024).

Berkaitan dengan keterlibatan pelaku sebagai tekong atau perekrut calon TKI kata Bambang, itu sama sekali tidak ada hubungan dengan dinas.

Hal itu murni urusan pribadi yang bersangkutan dengan perusahaan perekrutan calon TKI.

Baca Juga :  Seorang Istri di Ketangga Ditemukan Tewas di Rumahnya, Polisi Cari Keberadaan Suami

Sekitar sebulan lalu, pihaknya sempat menerima pengaduan dari sejumlah calon TKI yang telah direkrut oleh pelaku namun gagal diberangkatkan. Dinas pun langsung memanggil yang bersangkutan untuk diberikan teguran.

“TKI yang direkrut itu langsung mengadu ke pak kadis. Masalah dia merekrut TKI itu urusan pribadinya tidak ada sangkut pautnya dengan dinas. Kita juga sempat berikan teguran ke yang bersangkutan,” tutup Bambang.

Diketahui, motif pelaku membunuh istrinya Kamis (20/6/2024) sekitar pukul 14.00 WITA itu karena sakit hati sering dimarahi dengan kata-kata yang tidak pantas.

Baca Juga :  Anwar Bunuh Istri karena Terlilit Utang pada Calon TKI Gagal Berangkat

Selain itu karena terlilit utang. Sebelum kejadian nahas ini, pelaku sempat memberitahukan istrinya jika yang bersangkutan memiliki utang pada calon TKI yang gagal diberangkatkan.

Kabarnya ada sekitar 14 calon TKI yang akan diganti uangnya dengan nilai Rp 1 juta per orang.

Ia pun meminta istrinya membantu menyelesaikan utang tersebut. Dari sanalah terjadi ceckok dan pertengkaran antara pelaku dan korban hingga berujung pembunuhan. (lie)

Komentar Anda