Lalu Iqbal Klaim Syarat Parpol Pengusung Sudah Cukup

Lalu Muhammad Iqbal (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Bakal Calon Gubernur (Bacagub) NTB, Lalu Muhammad Iqbal, mengaku syarat usungan partai politik (Parpol), atau 13 kursi di DPRD NTB, pada kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) NTB 2024, sudah mencukupi.

Ditegaskan Lalu Iqbal, karena jumlah Parpol pengusung yang dimiliki sudah lebih dari cukup, maka untuk pencalonannya dia klaim sudah dalam kondisi aman. “Insya Allah jumlah Parpol koalisi pengusung sudah lebih dari cukup,” kata mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki tersebut, Selasa kemarin (25/6).

Sebelumnya, Lalu Iqbal sudah memperoleh surat tugas rekomendasi dari PAN dan Partai Demokrat, dengan total kursi dari dua Parpol itu sebanyak 10 kursi. Artinya, masih kurang tiga kursi lagi untuk memenuhi persyaratan maju Pilkada NTB.

Kendati demikian, Lalu Iqbal belum mau membeberkan koalisi Parpol dimaksud, yang telah bergabung untuk mendukung dan mengusung di kontestasi di Pilgub NTB. “Parpol mana saja yang bergabung, belum saatnya kita buka,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun koran ini menyebutkan ada sejumlah Parpol yang potensi bergabung untuk mendukung dan mengusung Bacagub Lalu Iqbal, yakni PBB, Partai Gerindra dan Partai Golkar. Hampir semua adalah Parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran pada kontestasi Pilpres 2024 lalu. “Tunggu waktu yang tepat untuk kita sampaikan ke publik (Parpol pengusung, red),” imbuhnya.

Baca Juga :  Utang Pemprov Jadi Temuan BPK

Terkait adanya potensi head to head atau dua Paslon saja pada kontestasi Pilgub NTB. Menurutnya tidak ada jaminan terjadi head to head di Pilgub NTB. Pasalnya, arah dukungan Parpol yang akan menentukan jumlah pasangan calon (Paslon) yang akan bertarung di Pilgub NTB. “Politik ini masih dinamis. Arah dukungan Parpol yang akan menentukan,” jelas Lalu Iqbal.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Gerindra NTB, Nauvar Furqoni Farinduan mengatakan Partai Gerindra sejauh ini belum memutuskan siapa kandidat yang akan didukung dan diusung pada kontestasi Pilgub NTB. Apakah Ketua DPD Partai Gerindra NTB, Lalu Pathul Bahri, atau Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal.

Baca Juga :  Tiket Diskon 75 Persen, WSBK 2023 Ditargetkan 75 Ribu Penonton

“Krena kami ini partai komando, kami memastikan akan siap, serta patuh dan tunduk dengan apapun keputusan DPP Partai Gerindra. Termasuk arah dukungan di Pilgub NTB antara Lalu Pathul Bahri atau Lalu Muhammad Iqbal,” ungkap Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB.

Dia mengakui sedari awal di internal DPD Partai Gerindra NTB mendorong kader, yakni Ketua DPD Gerindara NTB, Lalu Pathul Bahri untuk maju sebagai bakal calon gubernur. Namun semua kembali lagi, karena kewenangan siapa yang akan diajukan sebagai calon gubernur ada pada keputusan DPP Partai Gerindra.

Tentu sebagai kader dan pengurus di daerah, pihaknya akan menerima apapun yang diputuskan oleh DPP melalui Ketua Umum Prabowo Subianto. “Apakah itu Lalu Iqbal atau Lalu Pathul Bahri, kami belum tahu. Tapi yang jelas, Insya Allah salah satunya, dan kemungkinan pertengahan Juli sudah ada keputusan dari DPP,” lugasnya. (yan)

Komentar Anda