Lebih Dekat Dengan Mulia Irfani, Siswi Sman 1 Selong Wakil NTB Lomba Debat Bahasa Indonesia

Hobi Membaca, Bisa Harumkan Daerah

SISWI SMAN 1 SELONG WAKIL NTB LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA
PERWAKILAN : Mulia Irfani Wayna Nurmasani Arantha yang menjadi wakil NTB di ajang lomba debat tingkat nasional di Bengkulu. (JANWARI IRWAN/RADAR LOMBOK)

Kementerian Pendidikan menggelar lomba debat nasional Bahasa Indonesia di Bengkulu. NTB mengirim utusan, salah satunya siswi SMAN 1 Selong ini.


*JANWARI IRWAN – LOTIM*


BENGKULU menjadi tuan rumah lomba debat tingkat nasional tahun 2018. Ada dua karegori yang dipertandingkan dalam lomba yang digela 5-12 Agustus ini, diantaranya debat Bahasa Indonesia. Ini merupakan kegiatan tahunan Direktorat Pembinaan SMA bergilir di tiap daerah. Ini merupakan wadah bagi para siswa SMA untuk mengaktualisasikan bakat dan kemampuan mereka baik dalam bidang Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia.

BACA JUGA: Dikbud NTB Mulai Data Kerusakan Bangunan Sekolah

NTB sendiri mengirim dua siswa. Salah satunya Mulia Irfani Wayna Nurmasani Arantha atau yang akrab disapa Ayang, siswi kelas X1 IPA SMAN 1 Selong.” Saya kemarin menjadi juara di NTB, sehingga saya salah satunya yang dipilih menjadi perwakilan NTB,” katanya kepada Radar Lombok kemarin.

Gadis kelahiran 11 Januari 2002 ini mengaku tidak menyangka akan menjadi perwakilan NTB. Tekad dan niat yang kuat serta motivasi orang tua membuat dirinya percaya diri. “ Orang tua juga sangat mendukung, karena orang tua memang guru,” katanya.

Ia mengaku kemahirannya dalam debat Bahasa Indonesia tidak lepas dari hobi. Sejak kecil ia hobi membaca dan menulis cerita pendek (Cerpen). Dari hobi ini ia kemudian terus belajar sehingga mampu menjadi utusan Kabupaten Lombok Timur dan NTB.

“Memang dari masih kecil saya sudah mampu bercerita baik di depan orang lain maupun di depan guru. Inilah yang menjadi dasar saya,” katanya.

Sebelum menjadi perwakilan NTB, anak yang pernah bersekolah di SDN 3 Selong ini juga pernah menjadi peserta Green Generation di Riau beberapa waktu yang lalu. Selain membaca, ia juga hobi berorganinasi.

BACA JUGA: Gubernur NTB Instruksikan Sekolah Diliburkan

Sementara itu Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Lombok Timur Huzaifah optimis perwakilan Lombok timur sekaligus perwakilan NTB ini mampu memenangkan lomba karena melihat kemampuannya. Melihat materi debat ia yakin mampu menjadi juara nanti. Karena selaku juri pada saat lomba di Kabupaten Lombok Timur menaruh harapan pada anak yang berasal dari Teros ini.” Saya yakin utusan NTB akan menjadi juara nanti,” katanya.(*)