Kota Mataram Raih Anugerah KPAI

PENGHARGAAN: Pemkot Mataram meraih penghargaan Anugerah KPAI untuk kategori pemerintah daerah Kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis (SIMEP). (IST/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram kembali menerima penghargaan bergengsi tingkat nasional. Terbaru, Kota Mataram meraih Anugerah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk kategori pemerintah daerah Kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP).

Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua KPAI, Susanto, hari Kamis 21 Juli 2022 di Jakarta. Penyerahan penghargaan bertepatan dengan perayaan Hari Anak Nasional 2022 yang mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan atau SIMEP merupakan media aplikasi yang
dikembangkan KPAI. Tujuannya untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap peraturan, regulasi,
kelembagaan,sumber daya manusia, program dan anggaran, pelayanan kasus, serta implementasi
sistem peradilan pidana anak.

Baca Juga :  Mutasi di Pemkot Mataram, Tujuh Pejabat Eselon II Berganti Peran

Melalui SIMEP, pelaporan capaian perlindungan anak oleh kementerian atau lembaga serta
pemerintah daerah dapat terukur. Penghargaan ini diberikan dengan kriteria komitmen pemerintah daerah kota terkait perlindungan anak, penilaian berdasarkan data dan informasi serta skoring nilai melalui aplikasi SIMEP PA dengan indikator Pemenuhan Hak Anak (PHA), Perlindungan Khusus Anak (PKA ), Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) dan Komisi Perlindungan Anak Daerah, serta inovasi
kebijakan dan program terkait.

Penyelenggaraan perlindungan Anugerah KPAI menjadi bagian penting dalam rangka mensosialisasikan penyelenggaraan perlindungan anak di Indonesia. Karena masa depan bangsa dapat dilihat dari keadaan anak-anak saat ini.

KPAI bukan hanya melakukan pengawasan untuk menilai indikator perlindungan anak. Tapi juga dapat menyampaikan norma-norma perlindungan anak dalam membangun system perlindungan anak yang efektif.

Baca Juga :  Mataram Mulai Aktivasi Aplikasi KTP Digital

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Mataram, Hj Dewi Mariana Ariani, mengatakan, penghargaan yang diterima menjadi pemantik bagi pemerintah daerah untuk terus berinovasi. Serta praktik baik dalam kebijakan dan program yang berdampak besar. Terutama bagi upaya kemajuan pemenuhan dan perlindungan anak demi kepentingan terbaik bagi anak Indonesia.

“Komitmen yang telah dibangun Pemerintah agar dapat semakin meningkat serta kepeloporan perlindungan anak yang tumbuh di masyarakat semakin maju. Kita akan berupaya agar perlindungan anak semakin maksimal di Kota Mataram,” kata Dewi tentang penghargaan yang diterima Pemkot Mataram. (gal)