Lakukan Asistensi Terkait PATEN, Kanwil Kemenkumham NTB Pacu Para Inventor

Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Sebagaimana diketahui, Paten sendiri merupakan hak eksklusif inventor atas invensi di bidang teknologi untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan invensinya.

Dalam rangka memacu para Inventor / penemu khususnya di wilayah NTB, Kanwil Kemenkumham NTB menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual guna meningkatkan pemanfaatan informasi bagi masyarakat terkait Paten.

Dalam kegiatan yang bertajuk “Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten Tahun 2024”, Kegiatan dilaksanakan di Hotel Aston Inn Mataram pada Rabu (24/4) diawali dengan laporan kegiatan oleh Kabid Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham NTB, Puan Rusmayadi. Giat ini dilaksanakan juga dalam rangka memeriahkan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang nanti akan jatuh pada tanggal 26 April.

Baca Juga :  Kemenkumham NTB Akselerasi Capaian Kinerja di Rupbasan dan Kanim Sumbawa Besar

Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan mengungkapkan saat memberikan sambutan, bahwa dirinya berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat sehingga para inventor/ peneliti/ penemu dapat mendapatkan informasi terkait Paten dan dapat memanfaatkan data tersebut. Terlebih apabila bersedia melakukan pendaftaran Hak Paten pada invensinya.

Menkumham Yasonna H. Laoly juga sempat mengungkapkan bahwa hal yang terkait Paten sendiri merupakan tugas dan fungsi Kemenkumham khususnya pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) yang didelegasikan ke Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham NTB Berikan Penguatan HAM di Pemkab Dompu

Narasumber juga mengungkapkan, bahwa Informasi terkait Paten lebih lanjut dapat didapatkan di website pdki-indonesia.dgip.go.id maupun melalui Kantor Wilayah terdekat. Sedangkan pada tahun 2024 ini, Kanwil Kemenkumham NTB akan memberikan layanan Patent Drafting pada 29 Mei 2024 dan juga akan melaksanakan kegiatan Patent One Stop Service pada 25-27 Juni 2024. (Huda)

Komentar Anda