Job Fair, 43 Perusahaan Butuh 4100 Karyawan

Job Fair
Job Fair

PRAYA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah kembali membuka lowongan pekerjaan dengan melaksanakan job fair (bursa kerja). Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tanggal 26-27 Maret tersebut bekerja sama dengan 34 perusahaan dan akan menyerap sebanyak 4.100 tenaga kerja.

Plt Bupati Lombok Tengah Lalu Fathul Bahri dalam sambutanya menyampaikan bahwa perubahan yang terjadi baik di tingkat global, nasional maupun lokal begitu dinamis. Dalam setiap perubahan, maka akan senantiasa ada tantangan dan peluang. Karena masih dibutuhkan kerja yang keras lagi dalam menghadapi berbagai tantangan serta mampu memanfaatkan berbagai potensi menangkap peluang. “Hal itu sangat perlu kita lakukan agar di tengah dinamika tersebut pembangunan di daerah kita tercinta ini akan terus lebih baik lagi,”ungkap Pathul Bahri saat membuka kegiatan job fair, Senin kemarin (26/3).

Job Fair
PENCARI KERJA: Ratusan masyarakat saat mendatangi job fair yang dilaksanakan Disnakertrans Lombok Tengah. (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

Pathul menyampaikan, pemerintah Lombok Tengah terus berbenah dan berupaya untuk melakukan berbagai terobosan bersama seluruh elemen masyarakat. Saling bergandengan tangan untuk memajukan daerah agar masyarakatnya menjadi sejahtera. “Perluasan kesempatan kerja pun harus terus dilakukan, angka pengangguran juga harus terus ditekan semaksimal mungkin. Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka mengurangi angka pengangguran adalah mengadakan kegiatan semacam ini (job fair,red) sebagai wahana informasi dan sosialisasi bagi masyarakat mengenai peluang kerja,” cetusnya.

Pathul juga berharap, job fair ini dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi tentang peluang kerja. Kegiatan ini merupakan sarana pertemuan langsung antara para pencari kerja dan pengguna tenaga kerja, dis amping sebagai salah satu fungsi penempatan tenaga kerja. “Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap penyelenggara dan pendukung kegiatan Job Fair Lombok Tengah pada kesempatan ini. Kita berharap juga dengan kegiatan ini kita bisa menekan angka pengangguran di daerah kita, yang terus menerus mengalami penurunan yang sangat signifikan,” harapnya.

Ditambahkan Kepala Disnakertrans Lombok Tengah, H Masrun, kegiatan job fair kali ini merupakan kali kedua dilaksanakan. Pemda bekerja sama dengan Pemprov NTB. “Ada 43 perusahaan yang menerima lowongan kerja yang membutuhkan hingga 4100 orang,” sebutnya.

Masrun menambahkan, job fair ini bertujuan untuk menjembatani antara pencari kerja dengan perusahaan atau instansi yang membutuhkan tenaga kerja.  Masing- masing perusahaan membutuhkan 50-100 orang, perusahaan itu meliputi perbankan, perhotelan dan lain- lain. “Job fair ini dilakukan secara gratis bagi para pencari kerja dan kami berharap apa yang kami lakukan ini bisa mengurangi angka pengangguran,” harapnya juga.

Dijelaskanya, apa yang dilakukan pemda sebagai bentuk kepedulianya kepada masyarakat. Selain job fair, dinas juga memiliki berbagai program yang bisa membuat masyarakat memiliki perekonomian lebih baik. “Kami juga memiliki perogram untuk tenaga kerja lokal, daerah dan luar negeri. Hal itu kita lakukan untuk meningkatkan harkat martabat masyarakat kita,” tutupnya. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut