Job Fair, 1.380 Lowongan Kerja Tersedia

Perbankan dan Perdagangan Mendominasi

Ilustrasi Job Fair
Ilustrasi Job Fair

MATARAM-Upaya menuntaskan angka pengangguran terus dilakukan oleh Pemkot Mataram melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Salah satunya lewat kegiatan job fair setiap tahun. Pemkot berharap angka pengangguran bisa ditekan.

BACA JUGA : Pemkot Mataram Kembali Gelar Job Fair, Catat Tanggalnya

Dari waktu ke waktu perusahaan yang mengikuti kegiatan job fair terus bertambah. Tahun ini  ada 28 perusahaan yang sudah mendaftar untuk  mengikuti kegiatan bursa kerja.

Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Kota Mataram, Siti Nuraeni SH mengatakan, untuk tahun ini lebih spesial.” Ada 28 perusahaan, dengan jumlah lowongan tersedia 1.380, pembiayaan melalui APBD Kota Mataram,” katanya kepada Radar Lombok kemarin (8/3).

Sebanyak 28 perusahaan telah menetapkan jumlah formasinya. Seperti Alfamart ada 195 karyawan yang dibutuhkan, Indomart 200 karyawan, PT Varindo Lombok Inti 11 karyawan, Grup Ace dan Informa 21 karyawan, BFI Finance 40 karyawan,  Navvagreen Indonesia 3, Bank Danamon 11, BTPN Syariah 35, Fasific Cilinaya Fantasy  20, Permodalan Nasional Madani 224, Global Retalindo Pratama  (Minimart) 3, Bank Bukopin 1, Swakarya Insan Mandiri 43, RS Harapan Keluarga 9, Bank Mandiri 20, Transvision 5, Tiara Kusuma Persada 10, Advantage SCM 200, WOW Finance 16, Krida Dinamik Autonusa 42, Borwita Citra Prima 8, Aston IIn 8,  Garuda Food 20, Sinarmas 20 Home Credit Indonesia 35, PT Mg 150, dan Lombok TV 15. ‘’ Ada peningkatan, jumlah perusahan terus bertambah untuk membuka loker,” ucapnya.

Job fair berlangsung selama dua hari dari tanggal 10 sampai 11 Maret di lantai satu Mataram Mall. Selama ini kata Siti, animo sangat tinggi. Animo pendaftaran terus meningkat. Tahun ini semua pakai sistem manual sehingga bisa langsung melakukan evaluasi berapa yang mendaftar ke perusahaan. “ Para pencari kerja bisa datang langsung membawa lamaran ke perusahaan yang dituju. Silahkan datang ke stand, masing masing peserta menyediakan kelengkapan administrasi seperti  izajah, KTP dan surat lamaran. Tidak seperti tahun lalu harus daftar online dulu baru mendaftar,” jelasnya.

Setelah mendaftar, akan ada evaluasi lanjutan oleh perusahaan masing-masing. Seperti apa tahapannya selanjutnya akan tetap dipantau. Seperti saat pelaksanaan tes maupun penerimaan karyawan.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram H. Muhir menyambut baik setiap tahun ada hasil penekanan angka pengangguran. “Kita minta perusahaan di Kota Mataram juga memberikan kesempatan bagi lulusan terbaik perguruan tinggi maupun lulusan SMA, SMP,” katanya.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut