ITDC Siapkan 20 Lapak untuk PKL di KEK Mandalika

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika

MATARAM – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika kini kian menarik perhatian wisatawan yang berkunjung. Penataan tata ruang cukup baik mulai dari dibangunnya beberapa tempat untuk para pelaku usaha, yang biasanya berjualan disekitar kawasan Mandalika.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Lombok Tengah bekerjasama dengan Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) untuk mendapatkan izin pengelolaan lapak-lapak yang sudah dibangun di KEK Mandalika. sehingga nantinya UMKM di lingkaran KEK Mandalika Lombok Tengah bisa menempati lapak tersebut.

BACA JUGA: Produk IKM NTB Minim Miliki Sertifikat Halal

“Sekitar 20 lapak yang diberikan izin pengelolaannya dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM,” kata Kepala Diskop UMKM Kabupaten Lombok Tengah, Ikhsan, Senin kemarin (26/11).

Dijelaskannya dengan adanya lapak-lapak yang di kelola Diskop UMKM dapat untuk mentransformasi hasil produk-produk UMKM yang di ada di Lombok Tengah. Selain itu, produk UMKM yang sudah ditingkatkan kualitasnya nanti akan di fasilitasi industri dan dapat bersaing dengan produk-produk dari luar daerah.

Lebih lanjut Ikhsan menerangkan, lapak jualan bagi UMKM yang disediakan tersebut dapat ditempati oleh beberapa pedagang kaki lima. Sehingga jualan mereka yang biasanya digelar di area pinggir pantai, maka dengan adanya lapak disediakan setidaknya dapat lebih rapi kembali, ketika mereka berjualan.

BACA JUGA: Nilai Ekspor NTB Turun 95,73 Persen

Selain itu, ada juga sudah dibentuk koperasi dan difasilitasi serta sudah mendapatkan izin dari Kementrian Koperasi UKM RI untuk mengelola lembaga kopersi di KEK Mandalika.

“Sudah terbentuk koperasi Mandilika dan itu sudah terwadahi untuk mengelolah lapak-lapak UMKM yang ada di KEK Mandalika,”  pungkasnya. (cr-dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut