Dua Seri MXGP 2024 Digelar di Sirkuit Selaparang Lombok

Baiq Yulia (RATNA/RADAR LOMBOK)

MATARAM — PT Samota Enduro Gemilang (SEG) selaku promotor memberikan klarifikasi terkait dibatalkannya event Motor Cross Grand Prix (MXGP) Indonesia 2024 di Sirkuit Samota-Sumbawa. Menurut Media Director of MXGP Indonesia, Baiq Yulia, adanya perubahan lokasi MXGP ini karena terkendala masih minimnya akomodasi, transportasi hingga aksesibilitas yang ada di Kawasan Samota, Sumbawa.

“Seperti kita tahu, di Sumbawa sendiri belum ada peningkatan akomodasi sampai tahun ini. Terutama dari tempat tinggal dan juga transportasi, demikian dari segi penerbangan juga bisa dibilang sedikit, walaupun pesawat yang kita gunakan pesawat charter,” ungkap Baiq Yulia, saat ditemui wartawan, kemarin.

Ketika disinggung apakah perubahan lokasi event MXGP 2024 ini karena terkendala masalah anggaran? Pihak SEG membantah. Baiq Yulia mengatakan selama penyelenggaraan event MXGP di Samota Sumbawa, PT.SEG banyak melakukan negosiasi dengan Infront selaku promotor MXGP Internasional terkait dengan ketersediaan akomodasi.

Pasalnya, Infront dan FIM banyak meminta tambahan kamar, namun hanya sedikit yang bisa terpenuhi. Ditambah masih ada kamar ataupun penginapan yang belum berstandar internasional.

Baca Juga :  Kontingen Taekwondo Dompu Sabet 52 Medali di Kejurprov NTB

Atas dasar itu, proses perpindahan dan perubahan lokasi penyelenggaraan MXGP 2024 ini pun telah mendapat persetujuan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Infront dan juga Pemerintah Kabupaten Sumbawa. “Setelah negosiasi panjang Infront setuju, dan SEG juga setuju untuk melaksanakan dua seri MXGP di Lombok,” ujarnya.

Rencananya dua seri penyelenggaraan MXGP akan dilaksanakan di Sirkuit Eks Bandara Selaparang, Mataram pada 29 – 30 Juni 2024, dan 6 – 7 Juli 2024. Terpilihnya Lombok sebagai lokasi penyelenggaraan dua series MXGP, tidak lain karena kemudahan akses serta fasilitas yang mendukung untuk pelaksanaan balap motor dunia tersebut.

Tidak kalah dengan tahun lalu, bahkan pelaksanaan event MXGP ini mendapat perhatian dari banyak pihak. Terbukti dengan bertambahnya riders, tim hingga official yang akan datang ke Lombok. “Sehingga dapat dipastikan bahwa penyelenggaraan MXGP Indonesia di NTB tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya,” katanya.

Dengan perubahan lokasi ini, diharapkan para riders dan team yang berasal dari berbagai negara bisa menikmati keindahan NTB, khususnya Pulau Lombok. “Kami memutuskan MXGP berada di Lombok untuk dua series, dikarenakan pertama sejak tahun lalu kami memdapatkan MXGP award itu ada dua penghargaan, salah satunya best media Opportunity,” katanya.

Baca Juga :  Dua Atlet Voli NTB Turut Bawa Indonesia ke Final SEA Games Kamboja

Disampaikan Yulia, Samota Enduro Gemilang (SEG) telah melakukan pertemuan dengan PT Angkasa Pura I selaku pemilik dan pengelola lahan Eks Bandara Selaparang. Dalam pertemuan tersebut, PT Angkasa Pura I berkomitmen akan memberi dukungan penuh terhadap penyelenggaraan MXGP Indonesia 2024, dengan memastikan berbagai fasilitas di Eks Bandara Selaparang dapat digunakan secara maksimal.

Tidak hanya itu, MXGP Indonesia 2024 akan diramaikan oleh artis nasional yang akan segera kami umumkan dalam waktu dekat, sekaligus meramaikan final race di kedua seri. Penyelenggaraan event MXGP ini diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi di kawasan sekitar, dan menghasilkan multiplier effect di Pulau Lombok.

“Kami juga melibatkan para UMKM dan komunitas anak muda untuk berkontribusi penuh pada event internasional ini. Penjualan tiket dapat dibeli di tiketapasaja.com dan official tiket box partner yang tersebar di berbagai titik di Lombok,” pungkasnya. (rat)

Komentar Anda