Dua Nomor Kandas, Tinggal Kejar Satu Nomor

ATLET TRIATHLON : Inilah Qoriah Julida Nur (Kiri), Ketua KONI NTB H Andy Hadianto (Tengah), dan Yan Bahtiar (kanan) saat melakukan foto bersama sebelum jajal pertandingannya. (FTI NTB FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Tampil di kategori Eksibisi pada ajang PON XX Papua 2021, Cabor Triathlon NTB kandas di dua nomor, dari tiga nomor yang diikutinya. Harapannya tinggal satu nomor, yakni di nomor Triathlon.

“Atlet kita harus latihan lebih keras lagi, lebih giat lagi. Jam terbang harus kita tingkatkan untuk ajang PON kedepan,” kata Ketua Federasi Triathlon Indonesia (FTI) NTB Baiq Elok Megawati, Rabu (22/9).

Dikatakannya, Cabor Triathlon NTB turun sebagai Cabor Eksibisi dengan menurunkan sebanyak dua atlet. Keduanya turun di tiga nomor pertandingan. Yakni, Yan Bahtiar di Nomor Duathlon, Qoriah Julilda Nur di nomor Aquathlon dan Triathlon.

Dari hasil Tehnikal Meeting (TM) yang digelar Selasa (21/9), kedua atlet langsung mendapat jadwal bertanding pada Rabu (22/9). Keduanya turun di nomor Duathlon dan Aquathlon. Hanya saja keduanya tertinggal cukup jauh dari pesaingnya. Yan Bahtiar berada di posisi 5, dan Qori di posisi 8 pada nomornya masing-masing.

“Tinggal satu nomor harapan kita, yakni nomor Triathlon yang akan di ikuti oleh Qori, hari ini Kamis (23/9),” lanjutnya.

Baca Juga :  NTB Posisi 13 Perolehan Medali Sementara PON XX Papua

Sementara itu, Atlet Triathlon NTB Yan Bahtiar mengaku sudah persiapkan diri dengan cukup maksimal. Bahkan sebelum berangkat ke Papua, dia selalu melakukan latihan dengan terukur. Tidak lupa juga mengikuti sejumlah kejuaraan Triathlon, sekaligus dijadikan sebagai ajang try out.

Dikatakannya, meskipun ia hanya turun di kategori Eksebisi, bukan kategori kompetisi. Tetapi ia mengaku tetap serius dan fokus menyelesaikan pertandingannya demi NTB. Hanya saja, waktu belum berpihak pada tim Triathlon NTB.

“Saya sudah berusaha dengan maksimal, termasuk persiapkan diri dengan maksimal. Tapi inilah keadaannya, semoga kedepannya saat jadi Cabor Kompetisi, kita sukses raih medali,” harapnya.

Adapun pesaing Yan Bahtiar di nomor Duathlon pada Final Eksebisi Duathlon Putra PON XX Papua. Yakni Ronald Bintang asal (Jatim) yang sukses diurutan pertama. Kedua ada Jauhari Johan asal (Sumsel), Ketiga ada Pilon Nubatonis Sedilta (Banten), posisi keempat ada Ridwan asal Jabar, dan posisi kelima ada Yan Bahtiar asal NTB.

Baca Juga :  Ami Dipercaya Ikut Bermain di Kualifikasi Piala Asia 2022

Sementara di Final Aquathlon Putri PON XX Papua 2021, atlet yang sukses di posisi pertama yakni ada Zahra Bulan asal (Jabar), Posisi kedua ada Aurilie Dhea Meisy asal (Sultra), dan Posisi ketiga ada Patrisia Vanya Angela asal (DIY). Sedangkan Qori yang turun di nomor Aquathlon ini berada di posisi ke delapan.

“Kami minta doa dan dukungan warga NTB. Semoga di nomor Triathlon yang menjadi satu-satunya harapan kita, saya bisa bawa pulang medali,” Kata Qori.

Ketua KONI NTB H Andy Hadianto mengatakan, meskipun kandas di dua nomor dan hanya turun sebagai Cabor Eksibisi, tapi perjuangan atlet Triathlon harus tetap diapresiasi. Pengalaman laga Eksibisi itu penting, karena setelah Eksibisi, besar kemungkinan menjadi Cabor Kompetisi, seperti Cabor lainnya.

“Tetap kita apresiasi. Yang jelas, atlet Triathlon NTB sudah menunjukkan diri,” tutupnya. (rie)