Calon DPD dari NW Diprediksi Gagal Raih Kursi

Calon DPD dari NW Diprediksi Gagal Raih Kursi
Calon DPD dari NW Diprediksi Gagal Raih Kursi

MATARAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB baru memulai proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi. Sementara sebagian besar KPU tingkat kabupaten kota/sudah menuntaskan pleno rekapitulasi. Berdasarkan rekap pleno tingkat kabupaten/kota yang diperoleh Radar Lombok, empat calon anggota DPD RI memastikan diri dapat jatah kursi. Komposisi yang ada diprediksi tidak akan berubah hingga pleno di tingkat KPU pusat.

Empat calon anggota DPD RI asal NTB yang dipastikan terpilih yakni Evi Evita Maya (283.868 suara), Achmad Sukisman Azmi (268.766 suara), TGB Ibnu Khalil (245.570 suara) dan Lalu Suhaimi Ismi (207.345 suara). Berdasarkan komposisi yang ada, praktis hanya Lalu Suhaimi Ismi calon petahana yang diprediksi kembali. Tiga calon petahana yang lain yakni Farouk Muhammad, Baiq Diyah Ratu Ganefi dan Robiatul Adawiyah, tumbang. Yang menarik, dua calon yang didukung oleh ormas terbesar di NTB, Nahdlatul Wathan, diprediksi tidak dapat jatah yakni Irzani (didukung NW Pancor) dan Lalu Gede Syamsul Mujahidin (didukung NW Anjani).

BACA JUGA: Situng KPU, Prabowo-Sandi Tetap Unggul di NTB

Calon DPD RI, Evi Evita Maya, membenarkan berdasarkan rekapitulasi di 10 kabupaten/kota dirinya menjadi peraih suara.”Alhamdulillah kita tertinggi,” katanya.

Tim pemenangan Evi Evita Maya, Marwan, mengatakan, dari tabulasi suara, juga mengkonfirmasi kemenangan itu.”Kita bersyukur, Ibu Evi diamanahkan masyarakat NTB sebagai senator,” terangnya.

Ini katanya, tidak lepas dari kerja politik tim pemenangan, relawan, dan  berbagai pihak lainnya.

Koordinator tim pemenangan Lalu Suhaimi Ismi, Sukro, juga membenarkan Lalu Suhaimi Ismi peraih kursi terakhir atau ke empat. Praktis hanya mantan Kepala Kemenag NTB ini calon petahana yang lolos ke Senayan. “Dari tabulasi internal kami, beliau (Lalu Suhaimi Ismi) di posisi keempat,” ungkap Sukro.

BACA JUGA: Caleg Berkaya Meninggal Usai Pemilu

Dua calon yang didukung dua NW terpental. Keduanya adalah Irzani dan Lalu Gede Syamsul Mujahidin. Irzani berada di peringkat keenam dengan 173.729 suara, sementara Lalu Gede Syamsul Mujahidin di peringkat ketujuh dengan 155.366 suara.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, tim pemenangan Lalu Gede Syamsul Mujahidin, Fathul Aziz, mengatakan, pihaknya masih optimis Gede Syamsul akan terpilih. Pihaknya masih menunggu keputusan resmi KPU. ” Tentu kita optimis masih menang. Tapi kita tunggu KPU,” ungkapnya pendek.(yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid