Box Panel PJU Bypass BIL-Mandalika Digondol Maling

H Lalu Herdan (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYA – Aksi pencurian di Bypass BIL-Mandalika kembali terulang. Setelah sebelumnya kabel lampu penerang jalan umum (PJU) hilang, kini giliran box panel PJU bypass hilang diembat maling. Akibatnya, kondisi bypass kembali gelap gulita pada malam hari. Padahal PJU bypass ini belum lama ini baru selesai diperbaiki.

Kepala Dinas Peruhubungan (Dishub) Lombok Tengah, H Lalu Herdan mengungkapkan, aksi pencurian di bypass ini merupakan kejadian kesekian kalinya. Setelah sebelumnya kabel PJU hilang, pemerintah sempat memperbaiki sehingga PJU kembali normal. Namun belakangan setelah dicek, malah kembali hilang box panel PJU ini. “PJU di bypass ini memang tanggung jawab pemerintah pusat, makanya kita dapat informasi hilangnya box panel ini juga dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD). Hilangnya diketahui saat tim BPTD mengecek untuk pemeliharaan rutin,” ungkap H Lalu Herdan kepada Radar Lombok, Rabu (12/6).

Baca Juga :  Jaksa Jadwalkan Periksa Bangunan Fisik Desa Gemel

Sebelumnya, pasca pencurian kabel PJU dan diperbaiki, BPTB juga intens melakukan pemeliharaan. Namun saat turun mengecek, ditemukan ada beberapa isi dalam di box yang hilang yang secara otomatis membuat PJU ini kembali tidak berfungsi. “Dalam satu box penel inikan bisa untuk puluhan lampu. Jadi sekarang ada tiga box panel yang hilang, makanya banyak juga lampu PJU di bypass ini yang kembali tidak berfungsi. Memang ini sepertinya incaran baru box panel ini setelah sebelumnya menyasar kabel PJU. Kita tidak tahu manfaatnya seperti apa tapi intinya lumayan bernilai,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa terulang kembali, maka akan diupayakan posisi box panel PJU ini akan ditempatkan di posisi yang lebih tinggi agar sulit dijangkau. Diakui posisi box panel ini awalnya tidak terlalu tinggi karena untuk mempermudah petugas mengecek atau pemeliharaan. “Awalnya tidak terlalu tinggi dengan pertimbangan kalau ada kerusakan maka cepat diperbaiki. Tapi karena adanya kasus pencurian ini maka mau tidak mau harus ditempatkan ke tempat yang lebih tinggi lagi. Karena kalau kita biarkan ditempat yang seperti sekarang ini maka lama-lama bisa hilang semua,” jelasnya.

Baca Juga :  298 Pejabat Eselon III dan IV di Loteng Ikuti Asessment

Herdan menyebutkan, karena sudah mulai mendekati berbagai event internasional di Sirkuit Mandalika maka pihaknya memastikan kondisi PJU ini akan segera diperbaiki agar kembali normal. “Ini dia hilang terus maka tugas kita bagaimana memberikan penyadaran kepada masyarakat karena ini untuk kepentingan umum. Kalau bypass terang maka semua merasakan aman dan nyaman,” imbuhnya. (met)

Komentar Anda