Bayi Perempuan Dibuang Hebohkan Warga Lembah Sari

BAYI MALANG : Polisi melakukan identifikasi penemuan bayi dalam kondisi hidup di Desa Lembah Sari Kecamatan Batulayar. (IST/Radar Lombok )

GIRI MENANG – Warga Dusun Tiba Ambung Desa Lembah Sari Kecamatan Gunung Sari dihebohkan oleh penemuan bayi perempuan yang masih hidup dibuang di pinggir jalan desa setempat kemarin. Sementara di Sekotong warga dihebohkan oleh kasus serupa, namun sang bayi dalam keadaan sudah tidak bernyawa.

Kapolsek Batulayar Kompol Ricky Yuhanda dalam keterangannya menyatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari masyarakat soal pembuangan bayi ini, Senin (12/6). Bayi malang ini ditemukan sekitar pukul 06.30 wita. Polisi yang tiba di tempat kejadian memastikan sang bayi masih hidup.

Bayi ditemukan oleh warga bernama Sahabudin. Saat itu ia tengah berjalan pulang dari kebunnya dan menemukan bayi itu di pinggir jalan. Bayi diletakkan di alas bambu. ” Informasi dari warga,  bayi perempuan itu ditemukan di atas kelasah bambu di pinggir jalan, ” paparnya.

Sahabudin lalu memberi tahu istrinya. Bayi dibawa ke rumah Kadus. Selanjutnya Kadus melaporkan kejadian ini ke polisi. Tim medis dari Puskesmas Meninting juga datang. “Hasil pemeriksaan menyatakan bahwa bayi dalam kondisi sehat dengan berat badan sekitar 1,2 kilo,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dua Polisi Pengedar Sabu Dinonaktifkan

Setelah menerima laporan informasi dari masyarakat setempat, Polsek Batulayar akan melanjutkan langkah-langkah penyelidikan.  “Rencana tindak lanjut, setelah mendatangi tempat kejadian perkara, melakukan olah tempat kejadian perkara, serta wawancara dengan saksi-saksi yang ada. Selain itu, bayi dibawa ke Puskesmas Meninting untuk mendapatkan perawatan medis,” imbuhnya.

Pihak kepolisian juga akan melaporkan perkembangan kasus ini. Identitas pelaku pembuangan bayi masih dalam proses penyelidikan yang lebih lanjut. “Sehingga kami juga meminta bantuan masyarakat dalam memberikan informasi yang dapat membantu penyelidikan,” harapnya.

Pihak kepolisian akan bekerja sama dengan lembaga terkait seperti Dinas Sosial dan Lembaga Perlindungan Anak untuk memastikan bayi perempuan ini mendapatkan perawatan yang tepat dan diurus dengan baik. ” Rencana bayi tersebut akan dititip di RPPSA Sasambo Matupa Narmada Lombok Barat.

Di tempat lain, Polsek Sekotong menangani kasus pembuangan bayi di Dusun Batu putih Desa Taman Baru. Kapolsek Sekotong IPTU I Kadek Sumerta mengaku mendapat informasi dari masyarakat soal penemuan bayi dalam kondisi sudah tidak bernyawa ini. Awalnya, Bhabinkantibmas Desa Taman Baru melakukan sambang desa, tiba – tiba di hubungi oleh Kadus Batu Putih bahwa telah ditemukan seorang bayi laki – laki dalam keadaan meningal dunia.

Baca Juga :  Enam PNS Lobar Dipecat

Atas informasi ini, tim datang ke TKP. Penemunya adalah warga bernama Hamdi. Waktu itu Hamdi sedang memetik kelapa.  Karena  belum datang tukang panjat (petik) kelapa, Hamdi pergi ke sungai untuk mencari ikan dengan menyusuri sungai. “Saat naik, tanpa disengaja Hamdi melihat bayi yang sudah meninggal dalam posisi miring dengan kepala mengarah ke timur. Tertutup daun bambu dan di kerubungi semut. Dia kemudian memberitahu istrinya, ” ungkapnya.  Pelaku pembuangqn bayi sedang dalam penyelidikan dengan cara mengumpulkan keterangan saksi.(ami)

Komentar Anda