LAZ dan Farin Daftar di PKB

SERAHKAN: Perwakilan LAZ menyerahkan formulir pendaftaran penjaringan calon di kantor DPC PKB Lombok Barat. (IST/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Sejumlah figur yang menyatakan diri maju di Pilkada Lobat mendatang. Di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lombok Barat, dua orang tokoh sudah mendaftarkan diri yakni H. Lalu Ahmad Zaini (LAZ)  dan Nauvar Furqony Farinduan (Farin).

Sekretaris DPC PKB Lombok Barat Samsul Hadi memaparkan, sejak PKB membuka pendaftaran penjaringan Bacakada, sudah ada dua tokoh yang mendaftarkan diri. ” Sudah ada dua yang datar, ada LAZ dan Farin,” kata Samsul, Senin (29/4).

LAZ sudah menyerahkan langsung formulir pendaftaran dan sudah diberikan tanda terima pendaftaran. Sedangkan Farin memang sudah mendaftar tetapi masih secara online. Farin tinggal menyerahkan formulir pendaftaran yang diunduh di link pendaftaran. ” Baru LAZ yang sudah menyerahkan formulir pendaftaran dan sudah diberikan tanda terima pendaftaran, sedangkan Farin sudah daftar secara online, tinggal serahkan formulir pendaftaran, ” ungkapnya.

Dituturkan Samsul, untuk LAZ sudah mengutus perwakilan untuk mengambil dan menyerahkan formulir pendaftaran sebagai peserta penjaringan  Bacakada.

Sebelumnya, ketua DPC PKB Lombok Barat TGH. Khudari Ibrahim menegaskan, adapun kriteria bacakada yang di cari oleh PKB.  Sesuai dengan instruksi DPW PKB berdasarkan kajian dan analisa, balon cakada yang dilirik adalah para tokoh baik tokoh partai maupun tokoh birokrat yang memiliki popularitas di masyarakat. Kemudian kriteria kedua yaitu mereka yang memiliki komitmen dalam kesejahteraan masyarakat di Lombok Barat. “Kriteria utama untuk kita cari yaitu rekam jejak dan komitmen dalam menyejahterakan masyarakat Lombok Barat,” tegasnya.

Baca Juga :  Formasi Dokter Spesialis Sepi Peminat

Selain itu tentunya PKB juga akan mengecek kelengkapan dokumen administrasi dari Bacakada yang mendaftar, dokumen ini akan diverifikasi oleh panitia penerima pendaftaran, seperti kelengkapan ijazah, dan dokumen- dokumen yang lainnya.

Ditambahkan Khudari, bahwa dengan sudah dibukanya pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil Bupati Lombok Barat ini, maka ini menjadi ruang bagi semua pihak. Pasalnya PKB membuka ruang selebar- lebarnya bagi semua pihak baik itu yang kader maupun non kader untuk bisa mendaftar.” PKB itu terbuka bagi non kader maupun Kader untuk nanti di usung pada Pilkada,” kata Khudari.

Dalam menghadapi Pilkada ini, dikatakan Khudari, PKB sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah bakal calon cakada, dari komunikasi untuk sudah dibangun ada bacalon kada yang tertarik  untuk maju lewat PKB, sehingga ada yang sudah melakukan komunikasi terkait dengan hal-hal yang perlu di penuhin untuk bisa mendaftar. ” Intinya PKB sudah ada komunikasi dari para tokoh bakal calon kada, ” tegasnya.

Baca Juga :  Fauzan Khalid : Terima Kasih dan Mohon Maaf

Apakah pada Pilkada tahun ini, PKB akan mengusung calon dari internal partai seperti yang dilakukan pada tahun 2018 lal?. Dimana pada pilkada 2018 lalu, Tgh Khudari maju sebagai Wakil Bupati berpasang-pasangan dengan Izzul Islam sebagai calon Bupati. Terkait hal ini, Khudari menegaskan, siapa calon yang akan diusung partai, semua diserahkan kepada pengurus partai, karena partai melalui survei terhadap kader Internal PKB.” Siapa yang akan diusung semua tergantung partai, karena partai melakukan survei untuk internal kader, ” jelasnya.

Tapi di satu sisi partai juga membuka  bagi non kader untuk maju atau didukung oleh PKB, makanya PKB membuka pendaftaran untuk penjaringan cakada ini.” Jadi PKB membuka diri untuk non kader dan melakukan koalisi dengan partai lain, ” jelasnya.

Namun yang pasti dalam pilkada tahun ini, pencalonan akan menggunakan perolehan kursi Pileg tahun 2024, dimana pada Pileg lalu PKB mendapatkan kursi 5 kursi, maka pada pilkada nanti PKB akan menjadi pengusung utama. ” Kecuali jika PKB berkoalisi dengan partai yang mendapat 6 kursi, maka PKB menjadi pengikut, tapi kalau berkoalisi dengan partai lain, PKB menjadi pengusung utama, ” tegasnya.(ami)

Komentar Anda