Ajang Ironman 70.3 Akhirnya Digelar Oktober 2022

EVENT : Tampak saat sejumlah peserta meriahkan event Triathlon di Gili Trawangan beberapa tahun lalu. (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Event Ironman 70.3 akhirnya dipastikan digelar pada tanggal 8 Oktober 2022. Ironman awalnya akan dilaksanakan 2020 lalu, namun karena pandemi Covid-19, pelaksanaannya ditunda dan baru terlaksana tahun ini. Event yang diinisiasi Indonesia Sports and Events Managemen (ISM) ini menggabungkan tiga olahraga, yakni lari, sepeda, dan renang akan dipusatkan di wilayah Senggigi, Lombok Barat.

”Ironman seperti olahraga triathlon. Tetapi jaraknya lebih jauh,” ujar Executive Director ISM Arie S. Sukirno, Kamis (14/7).

Arie menjelaskan, sebelum ditunda karena pandemi pada 2022 lalu, jumlah pendaftar event ini sebanyak 500 orang. Kemudian setelah pendaftaran dibuka kembali Mei 2022, jumlah pendaftar bertambah 40 orang.

”Target kita seribu peserta yang berasal dari 33 negara,” sebutnya.

Ironman 70.3 Lombok merupakan destinasi lomba terbaru yang masuk dalam kalender lomba Ironman 70.3 Asia. ISM membutuhkan waktu 1,5 tahun untuk mendapatkan persetujuan Ironman Asia agar bisa digelar di Lombok.

”Sekarang kita sudah mendapatkan lisensi untuk menggelar Ironman Lombok tiga tahun berturut-turut,” paparnya.

Menurut Arie, awalnya event Ironman sebenarnya akan dilaksanakan di kawasan Toba. Namun setelah dilakukan survei, kawasan tersebut belum memenuhi syarat, termasuk dalam hal sarana dan prasarana.

”Kita tidak mau kehilangan momen dan mengalihkan ke Lombok. Usulan di Lombok disetujui,” tuturnya.

Terkait teknis perlombaan, Arie menjelaskan peserta harus melalui tiga tahap. Pertama peserta berenang sejauh 1,9 kilometer, kemudian bersepeda sejauh 90,1 kilometer dan ditutup dengan berlari sejauh 21,1 kilometer. Ada dua kategori peserta, individual dan tim. Untuk kategori individual, peserta harus menjalani tiga tahapan tersebut sendirian. Sedangkan kategori tim, terdiri dari tiga orang. Setiap orang menjalankan satu cabang olahraga.

Sementara itu, Kepala Dishub NTB H Lalu M Faozal mengatakan Pemprov NTB siap mendukung penuh event Ironman 70.3 ini. Setiap OPD memiliki teknis masing-masing untuk menyukseskan event sport tourism ini.

Ketua Pengprov Federasi Triathlon Indonesia (FTI) NTB Baiq Elok Megawati menyampaikan, event Ironman 70.3 memberikan keuntungan bagi cabor Triathlon. Karena dengan terselenggaranya event ini cabor Triathlon semakin dikenal masyarakat NTB. 

Elok memastikan FTI mendukung penuh Ironman 70.3, karena untuk menggelar event ini butuh waktu yang tidak sebentar dan persiapan yang matang.

”Semoga sukses prestasi dan penyelenggaraan dengan dukungan dari semua pihak,” harapnya. (rie)