XL Axiata Raih Pertumbuhan Kuat

XL Axiata Raih Pertumbuhan Kuat
XL

MATARAM — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) hari ini menyampaikan berbagai pencapaian positif dari kinerja perusahaan selama sembilan bulan pertama yang berakhir per 30 September 2017. Layanan data masih memberikan kontribusi yang sangat signifikan, bahkan semakin kuat sebagai kontributor pendapatan utama bagi perusahaan.

Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengatakan, kinerja XL yang tumbuh kuat di kuartal ketiga memperlihatkan bahwa agenda transformasi merupakan strategi yang tepat dan terbukti menghasilkan pencapaian yang sesuai harapan.

BACA JUGA :  Smartfren Catat Kenaikan Trafik Data LTE 30 Persen

Bisnis layanan Data menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan yang tertinggi di industri, dengan komposisi pendapatan layanan data dan pengguna smartphone mencapai 71 persen  dan 70 persen. “Saya senang XL Axiata berhasil memanfaatkan momentum untuk terus tumbuh selama 4 kuartal berturut-turut ,” kata Dian Siswarini.

XL Axiata telah berhasil memanfaatkan momentum meningkatnya penggunaan layanan Data di Indonesia dengan terus membangun infrastruktur jaringan Internet kecepatan tinggi yang handal dan memperluas cakupan layanan. Untuk memperkuat bisnis layanan Data tersebut, jaringan 4G LTEXL Axiata saat ini telah menjangkau 338 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, dengan hampir 16.000 BTS 4G, serta lebih dari 44.000 BTS 3G.

Hal ini telah menempatkan XL menjadi brand pilihan bagi pelanggan data dan pengguna smartphone, dimana melalui parameter Net Promoter Score (NPS) menunjukkan adanya peningkatan penilaian terhadap berbagai atribut khususnya yang terkait dengan meningkatkan persepsi positif pelanggan terhadap kualitas layanan data khususnya untuk jangkauan layanan dan kekuatan sinyal.

Selain itu, meningkatnya investasi yang dilakukan di berbagai wilayah di luar Jawa dengan program 3G U900 dan perluasan jaringan internet kecepatan tinggi 4G LTE yang telah mancakup ratusan kota di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok, telah mendorong XL untuk dapat meraih wilayah pertumbuhan baru, selaras dengan semakin meningkatnya trafik Data dan pertumbuhan pendapatan.

Berbagai penawaran paket Data inovatif XL melalui strategi dual-brand telah menghasilkan berbagai pencapaian yang positif, selaras dengan semakin diminatinya XL bagi segmen pasar white-collar dan blue-collar, serta Axis bagi segmen pasar youth.

Dimana kedua merk tersebut membedakan penawarannya sesuai fokus dari segmen pasarnya.  XL Axiata juga terus berhasil menarik jumlah pengguna data dan smartphone, dengan laju penetrasi smartphone meningkat 3 persen sejak kuartal sebelumnya menjadi 70 persen. Konsumsi layanan Data juga terus menerusmeningkat, dimana trafiknya mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya, sehingga mempercepat konsumsi data per pengguna.

Produk layanan XL Axiata yang berhasil merebut pasar terutama Program Xtra Combo dan AXIS Hitz. Layanan Xtra Combo dengan brand “XL” terus menjadi favorit pelanggan prabayar XL sejak diluncurkan pertama kali.

Dian menambahkan, bahwa di kuartal tiga tahun 2017, pendapatan XL Axiata berhasil tumbuh sebesar 5 persen QoQ dan 14 persen YoY, yang didorong dari pertumbuhan pendapatan Data yang tumbuh sebesar 11 persen QoQ atau 61 persen YoY. Adapun kenaikan pendapatan layanan Data didorong dari adanya  peningkatan yang signifikan dari produk layanan data yang inovatif dan didukung dengan jaringan data berkualitas tinggi.

BACA JUGA :  Smartfren Hadirkan Promo Ramadan dan Idhul Fitri

Pendapatan layanan Data memberikan kontribusi sebesar 71 persen terhadap pendapatan jasa perusahaan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dan ini adalah yang tertinggi secara industri. Selama periode sembilan bulan di 2017, XL Axiata mencatat pendapatan kotor sebesar Rp16,926 triliun, meningkat sebesar 5 persen YoY, terdorong dari meningkatnya Service Revenue perusahaan sebesar 8 persen . Dari sisi jumlah pelanggan,pada kuartal ini juga mengalami peningkatan sebesar 2 juta pelanggan, sehingga secara total jumlah pelanggan XL Axiata mencapai 52.5 juta. (luk)