MATARAM—PT Smartfren Telecom Tbk, sukses melayani pelanggannya selama Ramadhan dengan menghadirkan komunikasi lancar tanpa kendala melalui layanan 4G LTE Advanced yang dihadirkan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pencatatan kenaikan traffic, baik data 4G LTE, Voice over LTE (VoLTE), dan juga SMS secara signifikan. Serta tidak adanya laporan dan keluhan dari pelanggan mulai dari permulaan bulan Ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri.
Untuk (traffic) data LTE, tercatat adanya kenaikan 30 persen dibandingkan bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tahun 2016, dimana 4G LTE Smartfren mengalami peningkatan 691 terabyte (TB). Sementara untuk panggilan suara melalui LTE atau Voice over LTE dan SMS juga mencatat kenaikan masing masing sebesar 88 persen.
“Kapasitas dan kualitas jaringan 4G LTE Advanced sepanjang layanan mudik, hari H lebaran dan arus balik tidak mengalami gangguan / kendala yang berarti,” kata VP Technology Relations Smartfren, Munir .SP, Rabu kemarin (5/7).
Menurut Munir, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya complain oleh pengguna. Hal ini juga tidak terlepas berkat dukungan teknologi 4G LTE Advanced yang mumpuni. Selain itu pada Ramadhan tahun 2017 ini Smartfren juga menyiagakan 60 unit mobile BTS yang 80 persen diantaranya ditempatkan di area public dan sepanjang jalur.
Sementara itu, VP Brand Communications Smartfren, Derrick Surya mengatakan,a danya kenaikan traffic ini dimaknai positif sebagai adanya peningkatan kepercayaan masyarakat khususnya para pelanggan terhadap layanan yang dihadirkan. Selama bulan Ramadhan dan lebaran Idhul Fitri 2017 , Smaretfren menghadirkan pengalaman streaming yang lancar tanpa putus, mengakses sosial media, atau sekedar browsing di dunia maya tanpa adanya kendala.
“Kami berterima kasih dan merasa bangga dapat melayani dan memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan selama bersilaturahmi di bulan Ramadhan dan juga hari raya Idul Fitri di tahun 2017 ini,” ujar Derrick.
Untuk bulan Ramadhan dan juga hari Raya Idul Fitri tahun 2017, Smartfren meningkatkan kapasitas jaringan sejak H-30 sebelum Idul Fitri serta menyiagakan task force yang siap untuk diturunkan jika terjadi gangguan. Selama periode yang sama, Smartfren juga menghadirkan promo Ramadhan mulai 3 Mei – 31 Juli 2017 dengan memberikan kuota tambahan kepada pelanggan yang melakukan top-up.
Sebagai bentuk apresiasi dan menjaga kepercayaan para pelanggannya Smartfren berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dengan menghadirkan kualitas internet yang seamless serta dukungan bermacam produk berkualitas dengan harga terjangkau. Dengan demikian Smartfren dapat terus menjadi pilihan bagi masyarakat pintar yang ingin menikmati kualitas komunikasi yang berbeda, “Live Smart” bersama Smartfren. (luk)