Unram Gagal Opspek Mahasiswa di Bulan Puasa

MAHASISWA: Nampak ribuan mahasiswa baru Unram datang kumpul di Gedung Auditorium Abu Bakar Unram (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Rencana Universitas Mataram (Unram) melaksanakan orientasi mahasiswa di bulan puasa Ramadan khirnya dibatalkan. Penyebabnya dikarenakan banyak pertimbangan.

“Setelah kita pertimbangkan dengan matang, orientasi atau Opspek tidak jadi kita laksanakan saat bulan puasa,” ungkap Wakil Rektor III Unram, Dr. H. Muhammad Natsir, Senin (5/6).

Selain mengurungkn rencana Opspek di bulan puasa, ia juga membeberkan konsep orientasi yang akan diterapkan nanti. Opspek akan akan diatur menjadi empat angkatan untuk tingkat universitas. Semua ini dilakukan berdasarkan ketentuan kalender akademik, rektor dan Menristek Dikti.

“Kita akan lakukan Ospek dengan 4 angkatan untuk tingkat universitas. Setelah itu baru kita serahkan ke fakultas masing-masing untuk di Ospek kembali,” terangnya.

Sebelumnya, terangnya, sempat terjadi salah faham antara mahasiswa baru dengan pihak kampus. Sebab rencananya, Ospek angkatan pertama atau mahasiswa yang jalur SNMPTN akan dilangsungkan pada bulan puasa.

Hanya saja, dengan berbagai pertimbangan sehingga pelaksanaannya ditunda dan akan dilaksanakan setelah selesai lebaran mendatang.

Adapun kaitannya dengan Ospek empat tahapan atau empat angkatan tersebut. Pihaknya menggunakan cara itu disebabkan banyaknya mahasiswa baru. Di lain sisi, tidka sedikit mahasiswa yang berasal dari akses jarak yang jauh dengan kampus.

“Kita bagi Opspek ini ke dalam empat angkatan agar prosesinya lebih kondusif,” imbuhnya.

Dalam Opspek nanti, katanya, konsep yang akan digunakan tetap mengacu pada konsep Menristek Dikti. Dimana polanya tetap akan berlangsung di ruangan dengan diisi ceramah dan diskusi. (cr-rie)

BACA JUGA :  Sekolah Negeri Kena Imbas